Fadli Zon Bela Brigjen Tumilaar yang Ditahan karena Gerak Tanpa Izin KSAD

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Selasa, 22 Feb 2022 17:52 WIB
Fadli Zon (Tsarina/detikcom)
Fadli Zon (Dok. detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon membela Patisus Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Brigjen Junior Tumilaar yang kini ditahan di Rumah Tahanan Militer (RTM) Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Fadli Zon menyebut Brigjen Junior Tumilaar ada di pihak yang benar.

"Tentara kita berasal dari rakyat, tentara rakyat. Membela rakyat wajar apalagi di pihak yang benar. Bravo P Junior Tumilaar," kata Fadli Zon lewat akun Twitter-nya @fadlizon, Selasa (22/2/2022).

Irdam Merdeka Brigjen TNI Junior TumilaarBrigjen TNI Junior Tumilaar (Foto: Screenshoot 20detik)

Komentar itu dia publikasikan saat membalas cuitan eks Sekretaris Kabinet era SBY, Dipo Alam, yang mengutarakan rasa simpatinya kepada Tumilaar. Dipo Alam mengatakan Tumilaar berniat membela rakyat.

"Saya bersimpati pada Pak Junior Tumilaar perwira TNI AD yang berniat membela rakyat...bolehkan hati dan pikiran saya berpihak pada niat beliau?...Lanjutken brother!!!" kata Dipo Alam lewat akun Twitter-nya @dipoalam49.

Seperti diketahui, saat ini Brigjen Tumilaar ditahan di RTM Cimanggis, Depok. Tumilaar ditahan karena 'bergerak' tanpa perintah atasan.

"Dia mengatasnamakan staf khusus KSAD dan di luar kewenangannya. Setiap prajurit itu, apa pun kewenangannya, apabila melaksanakan tugas, pasti ada surat perintahnya," kata KSAD Jenderal Dudung Abdurachman kepada detikcom, Senin (21/2/2022).

Dudung menerangkan Tumilaar saat ini memang berstatus perwira tinggi khusus (patisus) KSAD. Dudung menjelaskan bahwa patisus KSAD bukanlah suatu jabatan.

"Yang bersangkutan jadi patisus. Artinya, tidak ada jabatan karena masalah kasus sebelumnya," jelas Dudung.

Sebelumnya, beredar foto selembar surat yang disebut tulisan tangan Brigjen Junior Tumilaar. Inti surat tersebut adalah permohonan Tumilaar agar dievakuasi ke RSPAD dari RTM Cimanggis.

"Assalamualaikum dan salam sejahtera Bapak/Ibu semuanya, semoga Allah Yang Maha Kasih-Maha Penyayang yang bernama Yehuwa memberi berkah kepada Bapak/Ibu sekeluarga... Aammiinn. Saya Brigjen TNI Junior Tumilaar SIP.,M.M., (Pati Sus Kasad), bermohon perawatan/evakuasi ke RSPAD. Karena sakit asam lambung tinggi (GERD)," bunyi surat tersebut, seperti dilihat detikcom, kemarin.

Simak juga 'Saat Brigjen Tumilaar Marah Ke PT Sentul City Gegara Gusur Rumah Warga':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/zak)