Profil Brigjen Tumilaar yang Kini Ditahan karena Gerak Tanpa Izin KSAD

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 22 Feb 2022 16:43 WIB
Ari Tahiru, tersangka kasus perusakan panel beton di Minahasa, Sulut, ditangguhkan penahanannya. Irdam Merdeka Brigjen TNI Junior Tumilaar ikut menjemput (Screenshot video viral)
Brigjen TNI Junior Tumilaar saat masih menjabat Irdam XIII/Merdeka. (Screenshot video viral)
Jakarta -

Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Junior Tumilaar kembali menjadi sorotan. Kabar terbaru, dirinya mendekam di Rumah Tahanan Militer (RTM), Cimanggis, Depok, Jawa Barat (Jabar).

TNI AD menyebut Brigjen Junior Tumilaar mengatasnamakan status staf khusus Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yang melekat di dirinya untuk membela warga yang memiliki masalah lahan. Sikap Tumilaar dinilai di luar kapasitasnya.

"Nah, dia (Tumilaar) tanpa perintah dan mengatasnamakan Staf Khusus KSAD untuk membela rakyat. Itu bukan kapasitasnya dia sebagai satuan kewilayahan," tegas Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman kepada wartawan dikutip dari Antara, Selasa (22/2/2022).

Dudung menuturkan Tumilaar berstatus perwira tinggi khusus (patisus) KSAD dan tak memiliki jabatan. Brigjen Tumilaar tak diberi jabatan karena sebelumnya bermasalah, saat menjabat sebagai Inspektur Kodam XIII/Merdeka.

Profil Brigjen TNI Junior Tumilaar:

Brigadir Jenderal TNI Junior Tumilaar lahir 3 April 1964. Dia merupakan alumni Akmil 1988.

Tumilaar merupakan prajurit TNI AD kecabangan Zeni. Dia pernah menjabat Komandan Kodim 0211/Tapanuli Tengah.

Dia pun pernah mengajar sebagai dosen utama di Sekolah Staf dan Komandan Angkatan Darat (Sesko AD). Setelah jadi dosen, pada 2016, Brigjen Tumilaar ditarik ke Kodam I/Bukit Barisan untuk menjadi Staf Ahli Pangdam I/BB Bidang Ilpengtek & Lingkungan Hidup hingga 2017.

Jabatan terakhir Brigjen Tumilaar adalah Inspektur Kodam (Irdam) XIII/Merdeka. Berdasarkan catatan detikcom, dia copot setelah diduga melanggar hukum disiplin dan pidana militer.

"Dan untuk kepentingan tersebut di atas, Kepala Staf Angkatan Darat pada 8 Oktober 2021 telah mengeluarkan Surat Perintah Pembebasan dari Tugas & Tanggung Jawab Jabatan Brigjen TNI JT sebagai Inspektur Kodam XIII Merdeka untuk kemudian ditempatkan sebagai Staf Khusus KSAD," kata Komandan Puspom AD Letjen Chandra W Sukotjo dikutip detikcom dari situs resmi Puspom AD, Sabtu (9/10/2021).

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Saat Brigjen Tumilaar Marah Ke PT Sentul City Gegara Gusur Rumah Warga':

[Gambas:Video 20detik]