PAUD di Jakbar Lapor Polisi Usai Diviralkan 'Jadi Tempat Prostitusi'

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 21 Feb 2022 18:38 WIB
PAUD Melati Kindergarden, Grogol Petamburan, Jakarta Barat yang diviralkan jadi tempat esek-esek
PAUD Melati Kindergarten, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, yang diviralkan jadi 'tempat esek-esek'. (Azhar Bagas Ramadhan/detikcom)
Jakarta -

PAUD Melati Kindergarten di Jakarta Barat sempat diviralkan sebagai 'tempat prostitusi terselubung' gegara foto cewek seksi terselip pada pencarian Google. Polisi telah menyatakan informasi itu hoax. Pihak PAUD Melati Kindergarden melaporkan penyebar hoax itu.

"Iya jadi dari PAUD sudah bikin pengaduan ya terkait penyebaran berita bohong," kata Kanit Krimsus Polres Metro Jakarta Barat AKP Fahmi Fiandri saat dihubungi wartawan, Senin (21/2/2022).

Fahmi mengatakan aduan dari pihak PAUD telah diterimanya sore ini. Dalam laporan tersebut, pihak PAUD Melati Kindergarten melampirkan sejumlah bukti, di antaranya tangkapan layar di Twitter.

Namun Fahmi menyebut pihak terlapor dalam kasus ini masih dalam penyelidikan. Identitas penyebar hoax masih diselidiki.

"Untuk terlapornya dalam penyelidikan. Intinya pihak sekolah melaporkan terkait adanya berita bohong atau hoax yang viral," tutur Fahmi.

Pihak kepolisian sebelumnya telah menelusuri informasi terkait PAUD Melati Kindergarten, Jakarta Barat, yang diviralkan sebagai lokasi 'prostitusi terselubung'. Tuduhan itu diviralkan karena terselip foto cewek seksi yang menyertakan tautan lokasi ke PAUD Melati Kindergarten.

Polres Metro Jakarta Barat telah turun ke lapangan mengecek kebenaran informasi viral tersebut. Polisi juga meminta klarifikasi kepada pihak PAUD Melati Kindergarten terkait foto perempuan yang tersemat ke lokasi PAUD. Namun belakangan foto tersebut telah dihapus.

Hasil Penelusuran Polisi

Dari hasil penelusuran polisi, foto tersebut memang pernah diunggah oleh Udin, yang juga kerabat Ismawarni, pemilik PAUD Melati Kindergarten. Polisi menyebutkan bahwa foto perempuan itu adalah foto lama.

"Mengenai foto yang di-upload di Twitter adalah foto lama yang diedit oleh Saudara Udin (kerabat Ibu Ismawarni) pada 2013 lalu," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Ady Wibowo saat dihubungi, Sabtu (19/2).

Ady mengatakan foto itu mulanya diunggah di akun Facebook milik Udin. Tetapi polisi tidak menjelaskan di mana pengambilan foto tersebut, termasuk siapa sosok di foto dan apa hubungannya dengan PAUD Melati Kindergarten.

"Saat itu diunggah di akun FB milik Saudara Udin dan tidak mempunyai maksud atau kepentingan lain," katanya.

Setelah melakukan cek silang ke pihak PAUD Melati Kindergarden, Ady memastikan isu yang diviralkan bahwa PAUD tersebut menyelenggarakan prostitusi terselubung adalah sebuah berita bohong alias hoax.

"Itu hoax. Kami sudah cek hari ini (Sabtu, 19 Februari)," jelas Ady.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.