ADVERTISEMENT

Menanti Nama Kepala Otorita IKN Keluar dari Saku Jokowi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 19 Feb 2022 08:05 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Foto: dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sudah resmi ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Nama Kepala Otorita IKN Nusantara pun kini sudah dikantongi oleh Jokowi.

Dilansir dari Antara, Kamis (17/2/2022), IKN resmi diundangkan pada Selasa (15/2). Ibu Kota Nusantara telah disepakati dalam bentuk satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus setingkat provinsi.

Pemerintahan itu disebut Otorita IKN, yang diberikan untuk merespons perkembangan era digital saat ini dalam memudahkan pelaksanaan segala urusan pembangunan IKN. Kini tinggal menanti kapan nama Kepala Otorita IKN Nusantara akan diumumkan Jokowi.

Kepala Otorita IKN Jabatan Setingkat Menteri

Lantas siapa yang bakal jadi Kepala Otorita IKN Nusantara? KSP meminta publik menunggu mengingat jabatan itu setingkat dengan menteri.

"Iya, masih nunggu. Sama seperti pemilihan menteri. Kan ini jabatan setingkat menteri," kata Tenaga Ahli Utama KSP Wandy Tuturoong, Jumat (18/2/2022). Wandy ditanya mengenai posisi Kepala Otorita IKN setelah UU IKN ditandatangani.

Setelah UU IKN resmi ditandatangani, pemerintah selanjutnya menyiapkan aturan turunannya. Proses penyiapan aturan ini dipimpin oleh Bappenas.

"KSP masih mengawal proses yang dipimpin Bappenas," ujar Wandy.

Nama Kepala Otorita IKN Sudah di Saku Jokowi

Wakil Ketua Komisi II DPR Luqman Hakim menyampaikan Jokowi sudah mengantongi nama Kepala Otorita yang akan memimpin Ibu Kota Negara baru.

"Kepala Otorita IKN Nusantara, namanya sudah di saku Presiden Joko Widodo," kata Luqman saat dihubungi, Jumat (18/2).

Luqman mengatakan Jokowi sangat serius mempersiapkan terkait pembangunan Ibu Kota Negara Nusantara. Dia menyebut hanya menunggu hari yang tepat untuk nama tersebut diumumkan.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya....

Saksikan juga 'Pandawa Nusantara Ingin Tokoh Kaltim Masuk di Badan Otorita IKN':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT