Nahas Tahanan Polres Cilegon Baru Ditahan 3 Jam Ditemukan Tewas

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 18 Feb 2022 20:02 WIB
Ilustrasi Garis Polisi
Ilustrasi (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Insiden tahanan Polres Cilegon berinisial AA ditemukan tewas setelah tiga jam dimasukkan rumah tahanan (rutan) bikin geger. AA diduga tewas akibat dianiaya sesama tahanan.

Awal Mula Kejadian

Korban tewas pada Selasa (15/2) sekitar pukul 19.00 WIB. Pelaku penyalahgunaan narkoba itu ditangkap pada Senin (14/2).

Setelah menjalani pemeriksaan, AA dijebloskan ke Rutan Polres Cilegon pada Selasa (15/2) pukul 15.30 WIB. Korban baru masuk tahanan 3,5 jam hingga dinyatakan meninggal dunia.

"Kemungkinan ada kekerasan dari sesama tahanan, menunggu hasil autopsi, ya," kata Kabid Humas Polda Banten Kombes Shinto Silitonga saat dimintai konfirmasi, Rabu (16/2/2022).

Sementara itu, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono mengatakan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. Jenazah saat ini diautopsi di RSUD Cilegon untuk mengetahui penyebab kematian.

"Bila ada unsur kekerasan pascaautopsi, Polres Cilegon tegas akan melakukan penindakan terhadap pelakunya," kata AKBP Sigit.

Propam Polres Cilegon juga diterjunkan untuk memeriksa petugas jaga tahanan yang piket saat tahanan AA masuk Rutan Polres.

"Seksi Propam Polres Cilegon saat ini juga sedang melakukan pemeriksaan internal kepada piket jaga tahanan untuk mendalami pelaksanaan SOP jaga tahanan pada Selasa (15/2)," ujarnya.

Klarifikasi Polisi

Polisi kemudian mengklarifikasi mengenai kabar tahanan kasus narkoba tewas setelah dimasukkan ke rutan. Polisi menyatakan korban meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Kasubbag Humas Polres Cilegon Iptu Sigit Dermawan mengatakan tahanan berinisial AA itu dievakuasi ke rumah sakit saat terlihat pingsan di dalam sel.

"Kita mau klarifikasi bahwa tahanan itu bukan meninggal di dalam sel, tapi di perjalanan menuju rumah sakit," kata Sigit di Cilegon, Rabu (16/2/2022).

Petugas yang mendapati korban terkapar seperti pingsan melaporkan ke atasannya bahwa ada tahanan pingsan. Polisi kemudian membawa tahanan tersebut ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

"Sekira 5 menit perjalanan, diduga sudah tidak bernyawa, sampai rumah sakit dinyatakan meninggal dunia," ujarnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.