ADVERTISEMENT

Fahri Hamzah Balas Andre soal Panggil Direksi BUMN: Ini untuk Kebaikan DPR!

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 16 Feb 2022 13:03 WIB
Fahri Hamzah VS Andre Rosiade Soal Rapat DPR Bareng Direksi BUMN (Tim infografis detikcom: Luthfy Syahban)
Fahri Hamzah VS Andre Rosiade soal Rapat DPR Bareng Direksi BUMN (Tim infografis detikcom: Luthfy Syahban)
Jakarta -

Waketum Partai Gelora Fahri Hamzah merespons komentar anggota Komisi VI DPR Andre Rosiade terkait polemik DPR memanggil Direksi BUMN ke rapat. Dia mengatakan sejak awal mengkritik pemanggilan BUMN ke parlemen, bahkan mengaku dirinya sempat pernah 'diadili' oleh sesama anggota lantaran kritik tersebut.

"Saya bicara kelembagaan, bukan pribadi. Lagi pula saya termasuk yang sejak awal mengkritik pemanggilan BUMN sampai pernah diadili kawan-kawan," kata Fahri Hamzah saat dihubungi, Rabu (16/2/2022).

Dasar kritik itu, kata mantan pimpinan DPR ini, lantaran DPR tak seharusnya melakukan rapat kerja (raker) dengan perseroan, melainkan dengan kementerian/lembaga (K/L).

"Saya kan untuk kebaikan DPR. Tidak ada rapat kerja dengan perseroan. Rapat kerja itu dengan K/L," ujar Fahri Hamzah.

Lebih lanjut, ujar dia, tak hanya BUMN yang mendapat fasilitas pemerintah, terlebih fasilitas itu bersifat sementara. Lantas, Fahri Hamzah menilai rapat yang digelar dengan BUMN hanya bisa dilakukan dalam rapat khusus bukan rapat kerja.

"Terkait adanya fasilitas pemerintah itu bukan cuma BUMN yang dapat. Dan itu sifatnya sementara, tidak bisa dibuat permanen. Karena itu hanya bisa dalam rapat khusus bukan raker," kata dia.

Sebelumnya diberitakan, Waketum Partai Gelora Fahri Hamzah mengusulkan agar Direksi BUMN tak usah melakukan rapat dengan DPR. Hal itu ditanggapi oleh anggota Komisi VI DPR Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade. Dia menyebut Fahri Hamzah juga pernah memanggil BUMN saat masih menjadi anggota DPR.

"Bang Fahri Hamzah itu kura-kura dalam perahu, pura-pura tidak tahu. Bang Fahri Hamzah itu kan pernah jadi anggota DPR, bahkan pernah menjadi anggota Komisi VI DPR RI, yang dulu kerjanya itu Bang Fahri juga suka memanggil direksi-direksi BUMN, itu kerja Bang Fahri sebelum dia di Komisi III," kata Andre kepada wartawan, Selasa (15/2/2022).

"Tahun 2019-2014, jadi, Bang Fahri juga pernah menjadi anggota Komisi VI, pernah manggil BUMN-BUMN, masa Bang Fahri lupa?" lanjutnya.

Andre pun heran saat Fahri Hamzah mengusulkan agar rapat Direksi BUMN dan DPR ditiadakan. Menurut Andre, rapat itu sebagai fungsi pengawasan DPR.

"Jadi kok sekarang setelah Bang Fahri nggak jadi anggota DPR RI melarang anggota DPR RI memanggil BUMN? Ini kan pemanggilan itu dalam rangka fungsi pengawasan," kata Andre.

Andre kemudian mencontohkan fungsi pengawasan yang dilakukan Komisi VI DPR kepada BUMN itu. Salah satunya membantu menyelamatkan BUMN yang bermasalah.

"Contoh nih saya kasih tahu Bang Fahri, sekarang banyak BUMN bermasalah, BUMN yang secara teknikal bangkrut, sekarang Komisi VI memanggil dalam rangka fungsi pengawasan dan juga memberikan dukungan politik bagaimana BUMN-BUMN yang sekarang secara teknikal bangkrut itu bisa bangkit dan pulih kembali," katanya.

(fca/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT