PDIP Minta BPBD DKI Jangan Bikin Bingung soal Orang Kaya Isoman di Hotel

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 16 Feb 2022 07:24 WIB
Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP, Gilbert Simanjuntak
Gilbert Simanjuntak (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak meminta BPBD DKI Jakarta tidak membatasi warga berdasarkan harta dalam menggunakan isolasi terpadu (isoter). Gilbert menyebut imbauan yang agar orang kaya isolasi di hotel malah membuat masyarakat jadi bingung.

"Peraturan tentang itu juga tidak ada. Itu bikin bingung masyarakat," kata Gilbert kepada wartawan, Selasa (15/2/2022).

Gilbert menyarankan agar warga diberikan kebebasan untuk memilih tempat isolasi apabila positif Corona. Menurut Gilbert, warga memiliki hal atas tempat isolasi itu.

"Sebaiknya itu diberi kebebasan saja, artinya bebas memilih mau mondok di mana. Bukan disarankan karena itu hak seseorang. Tidak usah didorong-dorong," kata dia.

Gilbert menekankan bahwa tak ada batasan kaya dalam penanganan wabah. Dia menilai jika Pemprov DKI Jakarta menginginkan adanya ketentuan penghuni isoter itu, perlu diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub).

"Ketentuan batasan kaya juga tidak ada dalam penanganan wabah. Kalau memang perlu, jangan BPBD yang mengatakan itu, tapi lewat pernyataan Gubernur atau lewat Pergub," jelasnya.

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa sebelumnya mengatakan isoter yang disediakan Pemprov DKI Jakarta diperuntukkan bagi warga menengah ke bawah. Dia meminta orang kaya menjalani isolasi di hotel berbayar.

"Memang hasil koordinasi kami dengan Ibu Kadin Kesehatan, seperti saran Bapak, kami juga memilah, Pak, karena itu juga peruntukannya untuk warga menengah ke bawah, Pak," kata Isnawa saat rapat bersama Komisi A DPRD DKI, Selasa (15/2).

"Jadi kita harapkan keluarga mampu orang kaya itu agar memanfaatkan hotel-hotel yang berbayar, Pak, jadi mereka bisa membiayai sendiri memasuki hotel-hotel bahkan ada yang sampai misalnya paket Rp 20 juta dan lain-lain, itu kan mereka mampu kan. Jadi mereka tidak mengganggu porsi untuk orang-orang kecil," lanjutnya.

Isnawa kemudian menjelaskan penyataannya itu. Dia menyebut pernyataan itu bersifat imbauan.

"Ya sifatnya imbauan, orang the have bisa manfaatkan hotel-hotel berbayar," kata Isnawa saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (15/2).

"Kita prioritaskan warga masyarakat umum manfaatkan isoter-isoter," tuturnya.

Simak juga video 'Tips Asupan yang Disarankan WHO untuk Percepatan Pemulihan Covid-19':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/knv)