ADVERTISEMENT

Penjelasan Kepala BPBD DKI soal Isoter untuk Menengah ke Bawah

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 16:52 WIB
Plt Wali Kota Jakarta Selatan Isnawa Adji usai meninjau sekolah tatap muka di SMKN 15 Jaksel
Isnawa (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa menjelaskan pernyataannya soal tempat isolasi terpadu (isoter) untuk masyarakat menengah ke bawah. Dia mengatakan pernyataan itu bersifat imbauan.

"Ya sifatnya imbauan, orang the have bisa manfaatkan hotel-hotel berbayar," kata Isnawa saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (15/2/2022).

Isnawa menuturkan isoter diprioritaskan untuk masyarakat umum.

"Kita prioritaskan warga masyarakat umum manfaatkan isoter-isoter," tuturnya.

Isnawa Sebut Isoter untuk Menengah ke Bawah

Sebelumnya, Isnawa mengatakan isoter yang disediakan Pemprov DKI Jakarta diperuntukkan bagi warga menengah ke bawah. Dia meminta orang kaya menjalani isolasi di hotel berbayar.

"Memang hasil koordinasi kami dengan Ibu Kadin Kesehatan, seperti saran Bapak, kami juga memilah, Pak, karena itu juga peruntukannya untuk warga menengah ke bawah, Pak," kata Isnawa saat rapat bersama Komisi A DPRD DKI, Selasa (15/2).

"Jadi kita harapkan keluarga mampu orang kaya itu agar memanfaatkan hotel-hotel yang berbayar, Pak, jadi mereka bisa membiayai sendiri memasuki hotel-hotel bahkan ada yang sampai misalnya paket Rp 20 juta dan lain-lain, itu kan mereka mampu kan. Jadi mereka tidak mengganggu porsi untuk orang-orang kecil," lanjutnya.

Isnawa menyampaikan BPBD DKI melakukan pemantauan terhadap pasien yang keluar dan masuk di tempat isoter. Dia menyebut data pasien yang masuk dan keluar itu kemudian dibuat laporan untuk disampaikan ke Gubernur dan jajaran.

Wagub DKI Tepis Isoter untuk Menengah ke Bawah

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan semua masyarakat bisa menjalani isolasi mandiri di tempat isolasi terpadu (isoter). Dia menyebut isoter disiapkan bagi masyarakat yang membutuhkan tempat isolasi.

"Ya nggak (untuk menengah ke bawah), semuanya bisa. Karena tempat-tempat sudah disiapkan untuk masyarakat yang membutuhkan isolasi," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa (15/2).

Pernyataan Riza disampaikan setelah Kepala BPBD DKI Isnawa menyebut isoter untuk masyarakat menengah ke bawah dalam rapat dengan Komisi A DPRD DKI.

Riza menuturkan prosedur untuk mendapatkan tempat isoter tidak sulit. Dia mengatakan fasilitas kesehatan, seperti puskesmas dan rumah sakit (RS), adalah pihak yang akan membuat rujukan bagi pasien yang hendak isolasi di isoter.

(dek/jbr)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT