ADVERTISEMENT

Herry Wirawan Divonis Bui Seumur Hidup, KPAI: Itu Hukuman Tertinggi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 16 Feb 2022 06:44 WIB
Komisioner KPAI, Putu Elvina
Foto: Putu Elvina (Dok. Pribadi)
Jakarta -

KPAI menilai vonis penjara seumur hidup terhadap Herry Wirawan pemerkosa 13 santriwati di Bandung sudah tepat. KPAI menilai penjara seumur hidup adalah hukuman tertinggi bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

"Kami pikir apa yang sudah diputuskan oleh hakim sudah tepat dengan vonis seumur hidup. Dan tentu saja menjadi kewenangan hakim terkait pemberian tindakan berupa kebiri kimia," kata anggota KPAI Putu Elvina kepada wartawan, Selasa (15/2/2022).

Dalam kasus ini, keluarga korban berharap agar Herry Wirawan divonis hukuman mati. Akan tetapi, menurut KPAI, penjara seumur hidup adalah hukuman tertinggi bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

"KPAI melihat bahwa hukuman seumur hidup merupakan hukuman tertinggi dari penerapan saksi kejahatan seksual terhadap anak, hukuman mati tentu saja tidak sejalan dengan prinsip yang diatur dalam UU kita, yaitu hak hidup," kata dia.

Putu berharap vonis penjara seumur hidup bagi Herry Wirawan ini bisa menimbulkan efek jera. Selain itu, Putu meminta agar korban diberikan layanan untuk pemulihan.

"Konteks penghukuman seyogyanya diharapkan dapat memberi efek jera bagi pelaku dengan tetap memperhatikan asas tersebut. Yang terpenting saat ini adalah bagaimana korban terus mendapatkan layanan untuk pemulihan sehingga mereka dapat tumbuh dalam kondisi yang lebih baik. Keluarga korban juga harus diberi pengertian terhadap vonis tersebut," tutur dia.

Simak video 'Hukuman Penjara Seumur Hidup untuk Herry Wirawan Pemerkosa 13 Santri':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman berikut

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT