Kota Bandung

Bayi Korban Kebejatan Herry Wirawan akan Dititipkan ke Pemprov Jabar

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 15 Feb 2022 17:18 WIB
Ilustrasi seseorang tengah menghasut perempuan dengan bisikan.
Ilustrasi Herry Wirawan hasut santriwatinya (Foto: Edi Wahyono)
Bandung -

Majelis hakim meminta agar bayi hasil perbuatan biadab Herry Wirawan terhadap santriwati dititipkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Bayi bisa kembali ke ibunya apabila santriwati sudah siap.

"Menitipkan bayi kepada (pemerintah) Provinsi Jawa Barat sebagaimana pendapat ahli," ucap majelis hakim yang diketuai oleh Yohanes Purnomo Suryo itu saat pembacaan putusan di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung, Selasa (15/2/2022).

Sebagaimana pandangan ahli, kata hakim, penitipan bayi ke Pemprov Jabar tersebut guna menghindari trauma dari korban. Hakim menyatakan sependapat dengan pandangan ahli tersebut.

"Majelis hakim sependapat anak dan anak dari korban diserahkan ke Pemprov Jabar," tuturnya.

Akan tetapi, perlu dilakukan evaluasi secara berkala terlebih kepada korban santriwati. Sehingga, nantinya bila korban sudah merasa siap mental, bayi bisa diserahkan kembali.

"Dengan dilakukan evaluasi berkala apabila anak korban sudah siap mental mengasuh kembali anak-anakanya dan situasi memungkinkan anak dikembalikan ke anak korban. Bagaimanapun ada ikatan ibu dan anak," kata dia.

Seperti diketahui, Herry dituntut hukuman mati oleh Jaksa. Akan tetapi, dalam vonis, hakim memvonis Herry dengan hukuman penjara seumur hidup.

"Mengadili, menjatuhkan pidana kepada terdakwa oleh karena itu dengan pidana penjara seumur hidup," ucap hakim.

Hakim menilai perbuatan Herry Wirawan telah terbukti bersalah sesuai dengan Pasal 81 ayat (1), ayat (3) Dan (5) jo Pasal 76.D UU RI Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak jo Pasal 65 ayat (1) KUHP sebagaimana dakwaan pertama.

(yum/bbn)