Vaksin 1 dan 2 Sinovac, Vaksin 3 Apa? Ini Kombinasi Disetujui Kemenkes

ADVERTISEMENT

Vaksin 1 dan 2 Sinovac, Vaksin 3 Apa? Ini Kombinasi Disetujui Kemenkes

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 11 Feb 2022 17:46 WIB
Vaksin 1 dan 2 Sinovac, Vaksin 3 Apa? Ini Kombinasi Disetujui Kemenkes
Vaksin 1 dan 2 Sinovac, Vaksin 3 Apa? Ini Kombinasi Disetujui Kemenkes (Foto: Tim Infografis detikcom/Fuad Hasim)
Jakarta -

Vaksin 1 dan 2 Sinovac, vaksin 3 apa? Pertanyaan ini muncul sejalan dengan dimulainya program vaksinasi dosis ketiga atau booster oleh pemerintah.

Seluruh masyarakat Indonesia bisa mengakses vaksinasi booster secara gratis tanpa perlu menunggu target capaian vaksinasi. Adapun yang telah divaksin lengkap dengan jarak vaksin kedua minimal 6 bulan bisa divaksin booster.

Pemberian vaksin booster dapat dilakukan melalui dua metode, yaitu Homolog (vaksin sama dengan dosis 1 dan 2) dan Heterolog (vaksin berbeda dengan vaksin dosis 1 dan 2). Jika vaksin 1 dan Sinovac, vaksin 3 apa? detikcom merangkum ulasannya berikut ini.

Vaksin 1 dan 2 Sinovac, Vaksin 3 Apa?

Aturan pemberian vaksin booster untuk dosis 1 dan 2 Sinovac tercantum dalam Surat Edaran terbaru Kemenkes bernomor SR.02.06/II/408/2022 tentang Penyesuaian Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (Booster). Pada triwulan pertama 2022, ada dua jenis booster yang bisa diberikan untuk dosis primer Sinovac yaitu:

  1. Vaksin AstraZeneca setengah dosis atau 0,25 ml
  2. Vaksin Pfizer setengah dosis atau 0,15 ml

Selain itu, untuk yang telah divaksin dosis primer AstraZeneca juga berhak menerima booster. Pemberian booster diberikan dengan vaksin heterolog dan homolog, yaitu:

  1. Vaksin Moderna setengah dosis atau 0,25 ml.
  2. Vaksin Pfizer setengah dosis atau 0,15 ml.
  3. Vaksin Astra Zeneca dosis penuh atau 0,5 ml

Warga Diimbau Tak Pilih-pilih Vaksin Booster

Sesuai dengan SE Kemenkes, pada triwulan I tahun 2022, alokasi booster akan diutamakan dengan vaksin AstraZeneca. Hal ini lantaran ketersediaan vaksin AstraZeneca masih banyak.

Dilansir situs PPID Jakarta, Pemprov DKI meminta seluruh masyarakat yang telah menerima tiket vaksin booster untuk segera datang ke fasilitas kesehatan atau sentra vaksinasi. Masyarakat diimbau tak memilih jenis atau merk vaksin tertentu demi menekan lonjakan kasus Covid-19.

"Saat ini, Jakarta sedang masif menggunakan vaksin AstraZeneca untuk dosis ketiga atau booster karena memang jenis itu yang sekarang tersedia. Kami mengajak seluruh masyarakat agar tidak pilih-pilih jenis/merk vaksin booster-nya, karena apapun jenis/merk vaksinnya sudah teruji klinis dan bermanfaat bagi kekebalan tubuh," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Rabu (9/2).

"Untuk itu, bagi seluruh masyarakat Jakarta, mari manfaatkan kesempatan dan ketersediaan vaksin saat ini di fasilitas-fasilitas kesehatan maupun sentra vaksinasi yang tersebar di berbagai wilayah. Ayo vaksin, lindungi diri dan sekitar," ajaknya.

Pertanyaan vaksin 1 dan 2 Sinovac, vaksin 3 apa kini sudah terjawab. Masyarakat yang memenuhi syarat bisa mendatangi faskes terdekat atau mendaftar vaksin booster melalui aplikasi JAKI. Simak caranya di halaman selanjutnya.

Simak Video 'Kelompok Rentan Covid-19 Wajib Dapat Booster':

[Gambas:Video 20detik]





ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT