Vaksin Sinopharm Boosternya Apa? Kini Dapat Izin Penggunaan Darurat BPOM

ADVERTISEMENT

Vaksin Sinopharm Boosternya Apa? Kini Dapat Izin Penggunaan Darurat BPOM

Syahidah Izzata Sabiila - detikNews
Kamis, 10 Feb 2022 10:15 WIB
Vaksin Sinopharm Boosternya Apa? Kini Dapat Izin Penggunaan Darurat BPOM
Vaksin Sinopharm Boosternya Apa? Kini Dapat Izin Penggunaan Darurat BPOM (Foto: BBC World)
Jakarta -

Vaksin Sinopharm boosternya apa mulai dicari tahu banyak orang. Terlebih dengan melonjaknya kasus Covid-19, orang berbondong-bondong ingin segera melakukan vaksin booster setelah divaksin dosis lengkap.

Diketahui pemerintah terus mendorong percepatan vaksinasi bagi seluruh masyarakat Indonesia sejak 12 Januari 2022 lalu. Layanan vaksinasi pun dapat dengan mudah ditemui di berbagai lokasi.

Lalu jika vaksin Sinopharm boosternya apa? detikcom merangkum penjelasan informasinya berikut ini.

Vaksin Sinopharm Boosternya Apa? Sudah Dapat EUA Badan POM

Diketahui vaksin Sinopharm mendapatkan izin penggunaan darurat (Emergency Use of Authorization/EUA) untuk booster oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) pada awal Februari lalu. Dengan diterbitkannya UEA tersebut, total ada 6 vaksin yang kini direkomendasikan Badan POM untuk dipakai sebagai booster.

Vaksin yang diberi nama SARS-Cov-2 Vaccine (Vero Cell), Inactivated, produksi Beijing Bio-Institute Biological, China ini telah didaftarkan PT Kimia Farma untuk penggunaan booster homolog. Vaksin booster Sinopharm bisa digunakan untuk usia dewasa 18 tahun atau lebih yang telah mendapatkan dosis primer lengkap sekurang-kurangnya 6 bulan.

"Sesuai persyaratan penggunaan darurat, Badan POM telah melakukan evaluasi terhadap aspek khasiat dan keamanan mengacu pada standar evaluasi vaksin COVID-19 untuk vaksin Sinopharm sebagai dosis booster homolog untuk dewasa 18 tahun ke atas." Ujar Kepala Badan POM, Penny K. Lukito, dikutip dari laman resminya, Kamis (10/2/2022).


Vaksin Sinopharm Boosternya Apa? Ini Jawabannya

Vaksin Sinopharm boosternya adalah tetap sama. Vaksin ini merupakan booster homolog, di mana penerimanya haruslah orang yang juga menerima vaksin primer Sinopharm.

Pemberian vaksin booster Sinopharm harus memenuhi ketentuan:

  1. Berusia 18 tahun ke atas
  2. Sudah divaksin lengkap Sinopharm. Adapun baksin dosis kedua dalam jangka waktu minimal 6 bulan
  3. Diberikan dengan dosis penuh (full dose)

Sebelumnya, Badan BPOM telah menyetujui vaksin Zififax sebagai booster untuk vaksin primer Sinopharm. Vaksin booster Zififax dapat disuntikkan dengan dosis penuh.

Simak juga video 'Sinovac Kembangkan Vaksin Covid-19 Versi Multivarian':

[Gambas:Video 20detik]



Kini vaksin Sinopharm boosternya apa sudah terjawab. Lalu bagaimana dengan keamanan booster Sinopharm? Simak penjelasan di halaman selanjutnya.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT