Demam Setelah Vaksin Booster, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 10 Feb 2022 17:22 WIB
Demam setelah vaksin booster umumnya dialami sebagian orang. Lantas, apa penyebabnya? Bagaimana pula cara meredakan demam akibat KIPI?
Demam Setelah Vaksin Booster, Ketahui Penyebab-Cara Mengobatinya (Foto: Getty Images/Enes Evren)
Jakarta -

Demam setelah vaksin booster umumnya dialami sebagian orang. Hal ini dikarenakan adanya perbedaan stamina tubuh, sehingga beberapa efek samping vaksin booster turut dialami.

Demam setelah vaksin booster menjadi hal yang tidak perlu di khawatirkan. Sebagaimana disampaikan Satgas COVID-19, demam menjadi salah satu Kejadian Ikutan Paska Imunisasi (KIPI) setelah vaksin booster. Penanganannya pun dapat dilakukan dengan mudah.

Meski demam setelah vaksin booster dialami sebagian orang, namun Satgas COVID-19 menekankan hal itu bukanlah masalah. Sebab, dalam uji klinisnya vaksin booster tidak menimbulkan KIPI bergejala berat.

"Sejauh ini telah dilakukan uji klinis pemberian booster vaksin dan ditemukan tidak ada indikasi KIPI berat pada subjek penelitian," ungkap Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 beberapa waktu lalu yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Lantas, bagaimana cara mengatasi demam setelah vaksin booster? Simak ulasan yang sudah detikcom rangkum berikut ini.

Demam Setelah Vaksin Booster: Penyebab KIPI

Sebelum mengetahui penyebab demam setelah vaksin booster, mari simak dahulu pengertian KIPI. Mengutip laman Covid19.go.id, KIPI merupakan gejala medis yang terjadi setelah vaksin/imunisasi. Hal ini diduga berkaitan erat dengan vaksin atau imunisasi yang diberikan.

"Jika tubuh bereaksi dengan KIPI setelah menerima vaksinasi, tetap tenang. Reaksi nyeri, bengkak, dan kemerahan di lokasi suntikan dapat diatasi dengan kompres dengan air dingin. Jika demam dapat mengompres atau mandi dengan air hangat, perbanyak minum air putih, istirahat, dan minum obat bila perlu," demikian keterangan dalam situs COVID-19, seperti yang dilihat detikcom beberapa waktu lalu.

Demam Setelah Vaksin Booster: Ini Hal yang Perlu Dilakukan

Demam setelah vaksin booster terjadi karena KIPI. Umumnya, KIPI hanya bersifat sementara dan akan hilang dengan sendirinya.

Jika kamu mengalami demam setelah vaksin booster, tetap tenang dan tak perlu khawatir. Mengutip laman covid19.go.id, berikut hal-hal yang perlu dilakukan guna meredakan demam:

  1. Tetap tenang dan tidak panik
  2. Untuk menurunkan demam setelah vaksin, kamu hanya perlu mandi dengan air hangat atau kompres
  3. Perbanyak minum air putih hangat
  4. Istirahat yang cukup
  5. Jika demam belum reda, kamu disarankan minum obat sesuai dengan anjuran petugas kesehatan
  6. Setelah vaksinasi, laporkan semua reaksi atau keluhan yang dialami kepada petugas kesehatan melalui nomor yang tertera di kartu vaksinasi

Demam setelah vaksin booster disebabkan karena KIPI. pemerintah pun bakal menanggung biaya penanganannya. Simak halaman berikutnya.