Airlangga Sebut Penanganan Pandemi RI Terbaik ke-4 di Dunia

ADVERTISEMENT

Airlangga Sebut Penanganan Pandemi RI Terbaik ke-4 di Dunia

Zunita Putri - detikNews
Selasa, 08 Feb 2022 14:05 WIB
Airlangga Hartarto
Foto Airlangga Hartarto: Kemenko Perekonomian
Kendari -

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penangan pandemi di Indonesia menjadi yang terbaik dan menduduki posisi ke-empat di dunia. Airlangga juga menegaskan kondisi ekonomi nasional tidak hancur sepanjang pandemi COVID-19.

Hal itu disampaikan Airlangga ketika menjadi pembicara secara daring di Seminar bertajuk 'Akselerasi Perekonomian Daerah Untuk Memacu Pemulihan Ekonomi Nasional' di Hari Pers Nasional (HPN) 2022, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/2/2022).

"Benar pandemi melanda dunia, tapi kita juga harus tahu kalau Indonesia salah satu negara yang tak sampai porak poranda. Kita ini dianggap 4 negara yang menangani pandemi dengan baik," kata Airlangga dalam acara itu.

Tak hanya itu, Airlangga menuturkan perekonomian Indonesia sepanjang 2021 pun tumbuh 3,69 persen, dan ini sesuai dengan target pemerintah. Modal pertumbuhan ekonomi itu, kata dia, tentu makin memuluskan target capaian pertumbuhan ekonomi 2022 sebesar 5,2 persen.

"Yang pasti, semua ini tentu saja karena kebijakan gas dan rem yang sudah sesuai," jelasnya.

Dia pun menyoroti vaksinasi COVID-19 di Indonesia. Airlangga menyatakan makin tinggi tingkat vaksinasi, dia optimis ekonomi Indonesia segera pulih.

Meski saat ini Indonesia kembali diuji dengan maraknya COID varian Omicron, Airlangga mengaku optimistis. Sebab, saat ini, jumlah masyarakat yang sudah menerima vaksin lebih banyak ketika terjadi gelombang penyebaran varian Delta.

"Saat ini vaksinasi tambahan atau booster tak cuma untuk para tenaga kesehatan, tapi juga untuk masyarakat umum. Vaksin ketiga juga kita dorong terutama untuk lansia dan yang punya komorbid," ucap Airlangga.

Ketua Umum DPP Partai Golkar ini juga berharap momentum pemulihan ekonomi yang berjalan di 2021 akan terus berlanjut di tahun 2022 ini. Dia berharap pandemi segera selesai.

"Dengan begitu, Indonesia akan makin dekat dengan kondisi normal. Pembalikan di kuartal IV ini harus kita jaga momentumnya di tahun ini," tuturnya.

Diketahui, acara ini dibuka oleh Sekjen PWI Pusat Mirza Zulhadi. Mirza Zulhadi dalam sambutannya mengatakan HPN 2022 ini akan selalu mengedepankan tiga hal yaitu, pertama berbicara tentang diri kami sendiri, yang kedua yang terkait dengan kepentingan nasional, dan yang ketiga terkait kepentingan daerah.

"Berbicara tentang diri kami sendiri itu seperti yang kami lakukan sejak kemarin yaitu konvensi media massa, kemudian soal kepentingan nasional seperti yang kita lakukan sekarang menyangkut Seminar Nasional perekonomian kita saat ini dan yang ketiga soal kepentingan daerah tertera dalam beberapa seminar daerah seperti seminar pertambangan yang lebih kepada kepentingan sejumlah daerah," kata Mirza Zulhadi.

Lihat juga Video: WHO Sebut Masih Terlalu Dini Nyatakan Kemenangan Atas Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(zap/fjp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT