Outsiders Akan Demo Minta Adam Deni Ditangkap, Terkait Sebutan Barbar?

Zunita Putri - detikNews
Senin, 07 Feb 2022 15:37 WIB
Terdakwa yang juga musisi I Gede Ari Astina atau Jerinx Superman is Dead (SID) (kedua kanan, atas) menyimak keterangan salah satu saksi dalam sidang lanjutan kasus pengancaman melalui media elektronik pada Adam Deni di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jakarta, Selasa (25/1/2022). Sidang beragendakan mendengarkan keterangan tiga saksi ahli bidang ahli pidana, digital forensik dan ITE yang dihadirkan jaksa penuntut umum. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
I Gede Aryastina alias Jerinx 'SID' (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

I Gede Aryastina alias Jerinx 'SID' mengatakan fans band Superman Is Dead (SID) yang dikenal dengan sebutan Outsiders akan melakukan aksi damai di Jakarta dan Bali. Dia menyebut aksi digelar pada 10 Februari 2022 mendatang.

"Saya baru dapat informasi 10 Februari akan ada aksi damai dari Outsiders Bali dan Jakarta, yang kemarin dibilang barbar oleh Adam Deni di persidangan," kata Jerinx di PN Jakpus, Senin (7/2/2022).

"Jadi mereka akan aksi damai menuntut Adam Deni ditangkap untuk perkara lainnya, agar hukumannya makin berat, (aksi) Bali di Denpasar, Jakarta belum tahu di mana," tambahnya.

Diketahui, 'barbar' yang disinggung Jerinx ialah terkait pernyataan Adam Deni sewaktu bersaksi di sidang Jerinx. Saat bersaksi, Adam Deni pernah menyebut Outsiders agak barbar.

Awalnya, salah satu pengacara Jerinx bertanya ke Adam Deni terkait pernyataan Adam Deni yang mengaku takut ketika ditelepon Jerinx, karena memiliki banyak massa. Pengacara pun bertanya spesifik massa yang dimaksud Adam Deni.

Menurut Adam Deni, massa Jerinx adalah fans SID, yakni Outsiders. Saat itu Adam menyebut Outsiders agak barbar.

"Karena yang saya tahu penggemar dari Jerinx dan teman-teman SID, Outsiders, itu memang mereka kalo menurut opini saya agak barbar di luar sana," kata Adam Deni dalam sidang di PN Jakpus, Rabu (12/1).

Adam Deni menyebut Outsiders barbar karena dia mengaku pernah melihat Outsiders membuat keributan saat konser SID. Adam Deni mengaku melihat langsung peristiwa itu saat duduk di bangku SMA.

"(Tahu barbar) ketika menonton konser adanya keributan, itu saya pernah menyaksikan langsung ketika dulu saya masih duduk di bangku SMA," kata Adam Deni.

"Karena pernah ada pernah sekali? Itu saudara jadikan acuan?" tanya pengacara dan diamini Adam Deni.

"Apakah waktu terjadi keributan itu kemudian SID memanasi situasi atau mendamaikan situasi penggemarnya?" tanya pengacara lagi.

"Kebetulan ketika keributan di situ tidak ada mendamaikan, atau pun memanaskan tetapi didiamkan begitu saja," kata Adam.

Adam Deni tidak menjelaskan di mana peristiwa keributan Outsiders yang dimaksud itu. Namun dia mengatakan kejadian itu ada di Jakarta di festival besar.

Adam mengaku hanya pernah melihat keributan Outsiders sekali, tapi itu dijadikan dia acuan dia takut dengan pernyataan Jerinx di telepon yang dinilai mengancamnya. Adam juga mengaku tidak tahu lebih banyak tentang Outsiders.

"Saudara tahu atau tidak penggemar SID atau Jerinx adalah penggemar yang juga sering mengkampanyekan antikekerasan?" kata pengacara Jerinx.

"Saya tidak tahu itu," jelas Adam Deni saat itu.

(zap/jbr)