Pihak Jerinx Pastikan dr Tirta Bersedia Jadi Saksi Meringankan

Zunita Putri - detikNews
Senin, 07 Feb 2022 14:29 WIB
Terdakwa yang juga musisi I Gede Ari Astina atau Jerinx Superman is Dead (SID) (kedua kanan, atas) menyimak keterangan salah satu saksi dalam sidang lanjutan kasus pengancaman melalui media elektronik pada Adam Deni di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Jakarta, Selasa (25/1/2022). Sidang beragendakan mendengarkan keterangan tiga saksi ahli bidang ahli pidana, digital forensik dan ITE yang dihadirkan jaksa penuntut umum. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.
Jerinx saat menjalani persidangan. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Dokter Tirta disebut bersedia menjadi saksi meringankan untuk I Gede Ari Astina atau yang karib dikenal dengan nama Jerinx. Perkara Jerinx sendiri berkaitan dengan dugaan pengancaman berisi kekerasan terhadap Adam Deni.

"Sudah dipastikan apabila tidak ada halangan yang mendesak dr Tirta akan datang pada hari Rabu," ucap Sugeng Teguh Santoso, pengacara Jerinx, di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus), Senin (7/2/2022).

Sugeng menyebut dr Tirta akan memberikan kesaksian pada Rabu, 9 Februari 2022. Dia berharap dr Tirta akan membantu Jerinx mendapatkan keringanan hukuman.

"Saya sudah bertemu yang bersangkutan pada Minggu kemarin, dan dia menyatakan akan menjalankan tugas sebagai warga negara yang baik, memberikan keterangan di persidangan untuk menemukan kebenaran dari peristiwa hukum ini," ucap Sugeng.

"Dokter Tirta itu mau menyampaikan kebenaran tanpa meminta apa pun dan sudah ditampilkan di IG-nya. Artinya, saya mengapresiasi sikap dokter Tirta yang ternyata seorang yang gentleman, dia mau memberikan keterangan, di tengah juga dia sampaikan saya punya potensi tidak dituntut oleh kelompoknya Adam Deni termasuk pengacaranya. Saya bilang memberikan keterangan adalah menjalankan tugas hukum, tidak ada yang bisa mengganggu gugat, mengintervensi, kecuali berbohong di persidangan. Berbohong di persidangan itu sudah ada, dua orang yang sedang kita persiapkan laporannya," imbuh Sugeng.

Respons Jerinx

Terkait rencana kedatangan dr Tirta di sidang, Jerinx pun memberikan respons. Jerinx mengapresiasi itu.

"Baguslah (dr Tirta hadir), beliau sudah pahamlah akan kasus ini," tutur Jerinx.

Diketahui, Jerinx didakwa melakukan pengancaman berisi kekerasan terhadap Adam Deni. Jerinx melakukan itu menggunakan ponsel milik istrinya, Nora Candra Dewi alias Nora Alexandra.

Jerinx didakwa melanggar Pasal 29 juncto Pasal 45 B Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (selanjutnya disebut UU ITE) serta Pasal 27 ayat (4) juncto Pasal 45 ayat (4) UU ITE.

Simak Video: Jerinx Berharap Pengadilan Tak Perpanjang Masa Penahanannya

[Gambas:Video 20detik]

(zap/dhn)