Jadi Ketua F-NasDem DPR, Roberth Rouw: Surya Paloh Lihat Kinerja Kita

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 07 Feb 2022 14:48 WIB
dari kanan Anggota DPR RI terpilih Fraksi Partai Nasdem Roberth Rouw, Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom dan Anggota DPR RI Fraksi Nasdem Sulaeman L Hamzah menjadi pembicara dialog selasa bertema
Roberth Rouw (kanan) (dok. Partai Nasdem)
Jakarta -

Roberth Rouw ditunjuk Ketum Partai NasDem, Surya Paloh, menjadi Ketua Fraksi NasDem DPR RI. Roberth Rouw mengaku dirinya ditunjuk menjadi pimpinan fraksi karena kinerjanya dilihat Surya Paloh.

"Saya kira itulah beliau itu, kan sudah komit kita dari awal, bahwa beliau itu tidak melihat orang baru. 'Ah karena kamu baru di sini', nggak, tapi kinerja kita, dilihat dari kinerja. Semua ditinjau dari kinerja," kata Roberth kepada wartawan, Senin (7/2/2022).

Roberth Rouw sebelumnya merupakan kader Partai Gerindra. Dia kemudian masuk ke Partai NasDem. Rouw menjadi Ketua Fraksi NasDem menggantikan Ahmad Ali yang mendapat tugas khusus yakni menyongsong Pilpres 2024. Roberth Rouw pun mengakui bahwa dirinya dan elite NasDem lainnya sempat dipanggil Paloh agar konsolidasi jelang 2024.

"Iya beliau, ini kan semua keputusan ketua umum, kita cuma menjalankan saja. Rapat beliau sama petinggi-petinggi, melihat kemarin evaluasi, kita konsolidasi, maka dilihat kita semua harus lebih fokus, maka dipanggil kita. Kita akan rapat lagi lebih fokus untuk persiapan 2024 beliau sudah sampaikan ke kita. Fraksi pun kita harus lebih intens mendukung semua program di daerah," ujarnya.

Rouw tak mendapat pesan khusus dari Paloh dengan jabatan baru sebagai Ketua Fraksi NasDem. Namun, Rouw mengatakan ada agenda lebih besar, yaitu Pemilu 2024, di balik pergantian pimpinan fraksi.

"Oh nggak ada (pesan khusus), nggak ada kok, cuma Pak Ali diminta concern untuk konsolidasi dalam rangka 2024. Karena Ketum sekarang kan memang situasi beliau juga kan agak kesehatannya. Jadi memang DPP harus intens lagi, Pak Ali diminta untuk konsentrasi di situ, makanya fraksi diberikan saya untuk bisa menjalankan tugas pengganti Pak Ali," imbuhnya.

NasDem sebelumnya mengganti Ketua Fraksi di DPR dari Ahmad Ali menjadi Roberth Rouw. Ali membeberkan alasan perombakan susunan Fraksi NasDem DPR RI.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: