Tugas Baru Ahmad Ali Usai Diganti: Bikin NasDem 3 Besar di 2024

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 07 Feb 2022 13:41 WIB
Ahmad Ali NasDem (Firda Cynthia Anggrainy/detikcom).
Ahmad Ali NasDem (Firda Cynthia Anggrainy/detikcom).
Jakarta -

Fraksi NasDem DPR RI mengganti Ketua Fraksi, Ahmad Ali, dengan Roberth Rouw. Ahmad Ali menyebut kini dia mendapat tugas baru dari Ketum Partai NasDem, Surya Paloh, membuat NasDem masuk 3 besar Pilpres 2024.

"Di Fraksi NasDem itu terjadi perubahan struktur. Jadi, DPP Partai NasDem telah memutuskan untuk melakukan rolling, pergantian ketua fraksi, dari saya sebagai ketua fraksi, kemudian dialihkan kepada Roberth Rouw sebagai ketua fraksi baru," kata Ahmad Ali kepada wartawan di kompleks parlemen, Senin (7/2/2022).

"Saya diberikan tugas yang lebih berat lagi untuk melakukan konsolidasi secara nasional," imbuh dia.

Waketum NasDem itu menyebutkan partainya menargetkan perolehan suara lebih banyak pada Pemilu 2024 dibanding saat gelaran Pemilu 2019 lalu. Lantas, kata dia, NasDem hendak mengejar perolehan suara di posisi tiga besar pada Pemilu 2024 mendatang.

"Karena target Partai NasDem di 2024 ini setidak-tidaknya, kalau bahasa agama, harus lebih baik daripada kemarin, maka kemudian tidak bisa lagi kita kemudian berharap NasDem akan berada di posisi empat besar. Karena kalau kita tetap berada di posisi empat besar maka NasDem ini dianggap partai yang merugi. Kemudian supaya kita tidak menjadi bagian dari kelompok yang merugi maka kita harus lebih besar dari tahun 2019," kata dia.

"Yaitu paling tidak kaki masuk di tiga besar," lanjutnya.

Meski begitu, Ahmad Ali mengakui target berada di posisi tiga besar bagi NasDem bukan hal yang mudah dicapai. Dia menyinggung hasil berbagai survei yang belakangan masih menunjukkan Partai NasDem cenderung di urutan bawah.

Lebih lanjut, dia menyebut Partai NasDem cukup sulit menembus syarat parliamentary threshold sebesar 4 persen bila merujuk hasil-hasil survei.

"Untuk masuk tiga besar tentunya ini bukan hal yang mudah. Bukan hal yang kemudian semudah membalikkan telapak tangan tapi ini harus dikerjakan," kata dia.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: