Antrean Vaksin Booster di Bekasi Mengular, Panitia Ingatkan Prokes

Fakhri Fadlurrohman - detikNews
Sabtu, 05 Feb 2022 16:17 WIB
Sejumlah warga mengantre untuk melakukan vaksinasi booster di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Sabtu (5/2/2022). Vaksinasi Massal yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Kota Bekasi ini dilakukan dari hari Senin sampai Sabtu dengan dimulai sejak pukul 08.00 WIB sampai selesai.
Warga antre vaksin booster di Stadion Candrabhaga, Bekasi (Fakhri Fadlurrohman/detikcom)
Bekasi -

Warga mengantre vaksin booster di Stadion Patriot Candrabhaga, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bekasi. Panitia pun mengingatkan penerapan protokol kesehatan (prokes).

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (5/2/2022), antrean warga yang ingin vaksin booster cukup panjang. Ada remaja hingga lansia yang mengantre.

Dalam antrean panjang tersebut, masyarakat terlihat berdekatan dan tidak menjaga jarak. Menurut Tommy, pihak Dinkes sudah melakukan upaya untuk memberi tahu masyarakat agar tidak berkerumun. Dia pun mengingatkan warga tetap menjaga prokes.

"Balik lagi ke masyarakatnya, yang kita tahu kan prokesnya itu salah satunya jaga jarak. Kalau memang masyarakatnya sadar akan itu, ya pasti mereka juga mengertilah, karena kita kan nggak bisa mengontrol semua warga yang antre begitu," ucap staf Dinkes Kota Bekasi Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Tommy.

Tommy mengatakan pihaknya sudah mengatur jarak warga yang mengantre. Tommy juga menyebut Dinkes Kota Bekasi juga sudah melakukan sosialisasi.

"Di sini kan sentra sudah berjalan, sudah dari September ya, sudah terpublikasi ke mana-mana, jadi orang tahunya ke sini, kadang ada orang yang dari luar kota datang sembari main, jalan-jalan, refreshing setelah vaksin. Di puskesmas sendiri kadang kan terbatas kuotanya. Kalau di sini kan kita belum ada kuotanya," ucapnya.

Tommy menyebut antrean vaksin booster selalu ramai. Dalam satu hari biasanya ada 800 peserta.

"Sebenarnya, sebelum ada vaksin booster, paling cuma 300 orang saja gitu. Cuma pas sudah ada vaksin booster, itu membeludak. Setiap harinya itu bisa sampai 800 orang. Hari tadi sekitar 600 orang," tuturnya.

Diketahui, jam operasional pelaksanaan vaksin booster ini dilakukan pada hari Senin hingga Sabtu. Untuk hari Senin hingga Jumat, jam operasional dilakukan pada pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB, dan untuk hari Sabtu dari pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB.

(zap/zap)