ADVERTISEMENT

Anak Buah Anies Pastikan Revitalisasi TIM Tak Akan Gusur Seniman

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Sabtu, 05 Feb 2022 09:09 WIB
Jakarta -

Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry memastikan tak ada seniman yang digusur karena proyek revitalisasi Taman Ismail Marzuki (TIM). Sebaliknya, revitalisasi diharapkan dapat mendukung seniman dalam berkarya.

"Jadi istilah digusur atau bahkan direlokasi tidak, justru ini memberikan fasilitas yang terbaik untuk menambah kreasi karya cipta hasta dari para pekerja seni," kata Iwan kepada wartawan, Jumat (4/2/2022).

Iwan juga menyampaikan revitalisasi TIM sebagai bentuk investasi kebudayaan. Setidaknya ada empat tahapan revitalisasi yang dilakukan oleh Pemprov DKI.

"Revitalisasi itu pertama adalah perencanaan revitalisasi, kemudian yang kedua pembangunannya, ketiga adalah pengelolaan, keempat pemeliharaan dan perawatan," ujar dia.

Di sisi lain, Iwan tak menampik masih ada penolakan dari para seniman terkait revitalisasi TIM. Untuk itu, pihaknya tengah mengupayakan advokasi.

"Adalah bagian yang tidak terpisahkan juga untuk melakukan proses advokasi, diskusi, dengan para pekerja seni, karena apa? Penugasan itu infrastrukturnya bukan memberikan kejiwaan, ekspresi, ekspresi, mengisi di dalam TIM," ujarnya.

Salah satu objek yang direvitalisasi ialah Planetarium, yang masih menyelesaikan tahapan fisik. Dia berharap Planetarium bisa segera difungsikan bagi warga untuk wisata edukatif.

"Planetarium itu sebenarnya dia menjadi wisata yang edukasi sebenarnya. Saat ini sedang proses di sisi-sisi Planetarium, " imbuhnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT