ADVERTISEMENT

Street Race Belum Genap Sebulan, Polda Metro Tunda Gegara COVID Melonjak

M Hanafi Aryan - detikNews
Kamis, 03 Feb 2022 21:37 WIB
Street Race Jakarta bakal digaspol besok pagi, Minggu (16/1) di Ancol. Saat ini sejumlah pebalap sibuk melakukan uji coba. Yuk, intip foto-fotonya!
Street race Polda Metro Jaya di Ancol, Jakarta Utara (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Ajang street race Polda Metro Jaya pekan ini ditunda. Pasalnya, kasus COVID-19 tengah melonjak sehingga pihak Polda Metro Jaya harus menyetop sementara kegiatan tersebut.

"Persiapan sudah kami lakukan, tapi pelaksanaan menunggu badai Omicron mereda," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo seperti dikutip dari situs NTMC, Kamis (3/2/2022).

Sedianya street race akan dilaksanakan pada pertengahan atau akhir Februari 2022. Kombes Sambodo juga sudah mengecek tempat yang layak dijadikan lintasan street race di daerah penyangga Jakarta.

"Ditlantas Polda Metro Jaya sudah siapkan tiga lokasi street race di tiga wilayah penyangga Ibu Kota Jakarta di BSD Tangerang Selatan, Meikarta di Kabupaten Bekasi, dan Vida di Bekasi Kota," lanjutnya.

Diketahui, ajang street race Polda Metro Jaya telah dilaksanakan di Ancol, Jakarta Utara, Minggu (16/1/2022). Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menjanjikan ajang tersebut akan rutin digelar di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

"Perlu digarisbawahi bahwa kegiatan ini bukan seremonial, kegiatan ini akan berkelanjutan. Bulan depan rencananya di Serpong, doakan di Bekasi, Cikarang, segera bisa dimulai. Kalau kita bergerak bersama, saya kira persoalan ini bisa kita selesaikan," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dalam jumpa pers di lokasi street race, Ancol, Minggu (16/1).

Fadil menjelaskan DKI Jakarta memiliki banyak komunitas balapan liar. Oleh sebab itu, dia mengatakan street race ini merupakan awalan yang baik dalam mengakomodasi para pembalap liar tersebut.

"Mudah-mudahan ini jadi awal yang baik. Kita akan mengkanalisasi balapan liar yang selama ini bertarung di jalan raya di DKI Jakarta. Komunitas dan ekosistem roda 2 ini cukup besar, Jakarta saja sudah seperti ini, bagaimana dengan tempat lain," sebutnya.

Bekasi Juga Tunda Street Race

Kapolres Metro Bekasi Kota menyatakan akan menunda ajang street race di Vida. Penundaan tersebut terkait dengan lonjakan Covid-19.

"Ketika Covid sedang mulai naik lagi di Kota Bekasi, tentu kegiatan itu nanti sambil menunggu mudah-mudahan cepat turun, ya street race-nya kalau turun (angka COVID-19) ya kita laksanakan," ujar Kombes Hengki di kantornya, Kamis (3/2/2022).

Ia pun belum dapat memastikan kapan street race akan dilaksanakan. Namun Hengki menuturkan bahwa lintasan street race masih dalam tahap pembangunan.

"Berkaitan dengan lapangan street race kan ini sedang diperbaiki oleh Ketua IMI Kota Bekasi, sedang diperbaiki daerah start-nya, menunggu sarananya sedang dipersiapkan supaya memenuhi persyaratan ya," ucapnya.

Pada sebelumnya Polres Metro Bekasi Kota sudah menetapkan venue street race di kawasan Perumahan Reka Vida. Venue ini akan memiliki trek sepanjang 500 meter.

Diperkirakan lintasan street race akan rampung pada tanggal 15 Februari. Sedangkan perhelatannya sendiri akan digelar pada 16-28 Februari 2022.

(mea/mea)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT