Ini 3 Lokasi yang Disiapkan Jadi Lintasan Street Race di Bekasi-Tangerang

Yogi Ernes - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 19:05 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo Cek Lokasi Street Race di BSD, Tangsel
Foto: Dok Istimewa
Jakarta -

Program street race yang digagas Polda Metro Jaya untuk memfasilitasi balapan jalanan mulai disiapkan bukan hanya di kawasan Ancol, Jakarta Utara. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo hari ini melakukan peninjauan calon lintasan street race di Bekasi hingga Tangerang.

Di Bekasi, ada dua lokasi untuk ajang street race yang disiapkan. Salah satu lokasi itu berada di Perumahan Vida, Mustika Jaya, Kota Bekasi. Sambodo menyebut warga perumahan itu telah memberikan lampu hijau digelarnya street race di lokasi tersebut.

"Kita sudah mengecek jalur di kompleks Vida, Mustika Jaya, Kota Bekasi. Jalurnya cukup pendek hanya 500 meter sehingga mungkin treknya kita yang kelas 201 ditambah jarak pengereman 200 meter. Tadi sudah disepakati dengan kepala komunitas dengan si pemilik perumahan ini mereka juga membolehkan," kata Sambodo kepada wartawan, Kamis (20/1/2022).

Sambodo mengatakan pihaknya kini memang tengah melakukan pengecekan di sejumlah lokasi yang berpotensi dijadikan lokasi street race. Harapannya, semakin banyak lokasi street race akan berdampak menurunnya angka balap liar di jalan raya.

"Yang penting kita siapkan sarananya sehingga teman-teman yang punya hobi balap tidak lagi menutup jalan. Tidak ada balap liar dan tidak mengganggu ketertiban umum, tapi bisa gunakan tempat yang sudah kami siapkan," katanya.

Selain di Perumahan Vida, Kota Bekasi, kawasan Meikarta di Kabupaten Bekasi pun menjadi salah satu opsi digelarnya ajang street race. Lokasi itu kini sedang dipertimbangkan petugas.

"Nanti kita cek, mungkin di Meikarta," jelas Sambodo. Dia menjawab pertanyaan lokasi street race di Kabupaten Bekasi.

Sambodo mengatakan pihaknya tengah merampungkan sistem lalu lintas di lokasi itu jika nantinya telah diresmikan sebagai ajang street race di Bekasi. Namun, dia menyebut hasil pengecekan awal pihaknya tidak menemukan kendala berarti di dua lokasi tersebut.

"Kita hanya meninjau kesiapan lintasannya aja. Kalau lihat dari pengelola perumahan dengan komunitas dan Pak Kapolres saya pikir nggak ada masalah ya," katanya.

Street Race di Tangerang Selatan

Salah satu lokasi yang ditinjau berikutnya adalah kawasan BSD, Tangerang Selatan. Hasil pengecekan awal lokasi itu telah siap menggelar ajang street race untuk kawasan Tangerang.

Dia menyebut kini pihak kepolisian setempat tinggal merampungkan pengaturan rekayasa lalu lintas di lokasi saat ajang tersebut digelar.

"Lintasan siap. Tinggal pengaturan rekayasa lantasnya," jelas Sambodo.

Untuk diketahui, Polda Metro Jaya menggelar balapan sepeda motor bernama street race bagi ratusan peserta. Kegiatan yang digagas Polda Metro Jaya ini telah diselenggarakan di Ancol, Jakut, pada Minggu (16/1).

Rencananya, street race ini digelar secara berkelanjutan di sejumlah wilayah. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran menyebut street race menjadi jawaban atas masalah balapan liar di wilayah Jabodetabek.

"Perlu digarisbawahi bahwa kegiatan ini bukan seremonial, kegiatan ini akan berkelanjutan. Bulan depan rencananya di Serpong, doakan di Bekasi, Cikarang, segera bisa dimulai. Kalau kita bergerak bersama saya kira persoalan ini bisa kita selesaikan," kata Fadil Imran dalam jumpa pers di lokasi street race, Ancol, Minggu (16/1).

Fadil mengatakan kegiatan ini merupakan upaya menekan aksi balapan liar di jalan. Fadil juga meminta jajarannya di daerah penyangga, seperti Bekasi dan Tangerang Selatan, mengakomodasi street race.

Lihat juga video 'Polda Metro Jaya Juga Siapkan Road Race, Tapi Tunggu Lintasannya':

[Gambas:Video 20detik]



(ygs/isa)