ADVERTISEMENT

Bamsoet Ingin MotoGP di Mandalika Berefek ke Ekonomi & Pariwisata RI

Atta Kharisma - detikNews
Kamis, 03 Feb 2022 15:14 WIB
Bamsoet
Foto: MPR RI
Jakarta -

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan IMI akan turut membantu memperlancar MotoGP Mandalika. Hal ini ia sampaikan dalam Press Conference di Kantor Pusat IMI, Senayan, Jakarta.

"IMI pasti akan ikut membantu, memperlancar, dan menjaga nama baik Indonesia saat diselenggarakan MotoGP," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (3/2/2022).

Ajang kejuaraan dunia MotoGP akan digelar pada tanggal 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Bamsoet mengatakan MotoGP yang digelar di Mandalika ini merupakan kali kedua bagi Indonesia menjadi tuan rumah sejak digelar di Sirkuit Sentul, Jawa Barat pada 1997.

"MotoGP merupakan balapan peringkat pertama untuk kelas motor roda dua. Kita kembali gelar di Mandalika," tuturnya.

Ia berharap penyelenggaraan MotoGP Mandalika kali ini memberikan nilai tambah tidak hanya dalam dunia otomotif. Uang yang dikeluarkan untuk membangun sirkuit, promosi, dan penyelenggaraan balapan yang nilainya miliaran hingga triliunan diharapkan tidak menjadi sia-sia.

"Kita ingin ada feed back pada perekonomian dan pariwisata dari acara MotoGP," tandasnya.

Bamsoet juga bersyukur atas penyelenggaraan Superbike beberapa waktu lalu di Mandalika. Ajang tersebut mendorong peningkatan nilai perekonomian dan pariwisata di NTB, Bali dan sekitarnya.

"Dalam seminggu pertumbuhan ekonomi naik hingga 50 persen," ucapnya.

Berkaca pada pengalaman tersebut, Bamsoet menegaskan Indonesia harus bisa mensukseskan acara MotoGP Mandalika nanti. Demi mensukseskan MotoGP, Bamsoet menjelaskan Presiden Jokowi telah menunjuk mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto untuk mengepalai dan memperlancar kegiatan agar MotoGP bisa berjalan sesuai dengan harapan.

"Kita mempunyai kewajiban untuk mensukseskan acara ini," tegasnya.

"Tidak main-main di bawah Pak Hadi dibantu Menteri BUMN dan Menteri Parekraf," imbuhnya.

Bamsoet berharap keseriusan Indonesia sebagai tuan rumah dapat mewujudkan target MotoGP Mandalika ditonton miliaran orang di seluruh dunia. Sehingga, keindahan Mandalika dapat terekspos ke banyak orang dan mendorong mereka untuk datang ke Indonesia.

"Dari siaran langsung inilah diharapkan bisa menarik orang dari berbagai dunia untuk datang ke Indonesia. Keindahan Mandalika akan menjadi magnet untuk bisa mendatangkan orang ke Indonesia," harapnya.

Klik halaman selanjutnya



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT