Baleg DPR Bakal Bentuk Panitia Kerja RUU PPP

ADVERTISEMENT

Baleg DPR Bakal Bentuk Panitia Kerja RUU PPP

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Rabu, 02 Feb 2022 18:50 WIB
Supratman Andi Agtas
Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Badan Legislasi (Baleg) DPR RI akan membentuk Panitia Kerja (Panja) Perubahan UU Nomor 12 tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan (PPP). Ketua Baleg DPR RI Supratman Andi Agtas mendorong Kepala Kelompok Badan (Kapokdan) di Baleg untuk menyiapkan nama-nama anggota panja besok, Kamis (3/2/2022).

"Sebelum saya serahkan ke teman-teman saya mohon besok, ini salah satu agenda kita untuk mengejar sebelum paripurna penutupan. Karena berhubung besok, saya berharap mungkin teman-teman Kapokdan sudah menyiapkan nama-nama anggota Panja, ya," ujar Supratman dalam rapat Baleg DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (2/2/2022).

Dia mengatakan materi muatan dalam Rancangan Undang-Undang (RUU) PPP tak akan berbeda jauh dengan UU PPP sebelumnya. Dia menjelaskan, RUU PPP salah satunya akan memuat metode omnibus law.

"Materi muatannya tidak terlalu berbeda jauh, jadi ini hanya soal penegasan. Satu, menyangkut soal metode Omnibus Law," tuturnya.

Menurut Supratman, perubahan UU PPP tak akan hanya membahas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang memerintahkan pemerintah dan DPR memenuhi syarat formil Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Meski begitu, dia menyebut pertimbangan dari para hakim MK wajib dipertimbangkan di Baleg.

"Tidak sekadar hanya menampung terhadap apa yang menjadi putusan Mahkamah, karena putusan Mahkamah terkait putusan omnibus law itu tidak ada amarnya satu pun," kata Supratman.

"Tetapi wajib untuk kita mempertimbangkan pendapat para, pendapat hukum dari masing-masing hakim MK," sambungnya.

Dengan garis besar pembahasan tersebut, Supratman memastikan akan menggelar rapat Panja RUU tersebut.

"Itu poin-poin yang ada secara umum di dalam perubahan ini. Nanti naskahnya akan segera dibagi untuk kita bahas besok di tingkat Panja," imbuh Supratman.

(fca/drg)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT