Golkar Tepis Prediksi Faisal Basri Moral Pemerintahan Ambruk Sebelum 2024

ADVERTISEMENT

Golkar Tepis Prediksi Faisal Basri Moral Pemerintahan Ambruk Sebelum 2024

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Minggu, 30 Jan 2022 12:00 WIB
Wakil Ketua Komisi VIII Ace Hasan Syadzily
Foto: Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily (detikcom)
Jakarta -

Ekonom senior Faisal Basri memprediksi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin akan ambruk secara moral sebelum 2024. Partai Golkar mempertanyakan indikator yang dipakai Faisal terkait prediksinya itu.

"Jika ada prediksi bahwa pemerintahan Jokowi-Kiai Ma'ruf dinilai akan ambruk secara moral sebelum 2024, indikatornya apa?" kata Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily kepada wartawan, Minggu (30/1/2022).

Ace juga tak habis pikir dengan pernyataan Faisal yang menyebut mayoritas elite di lingkaran pemerintahan sudah tidak bisa menutupi skandal-skandal yang telah dilakukan. Menurut Ace, pernyataan itu harus dibuktikan terlebih dahulu.

"Demikian pula dengan proyeksi tentang adanya mayoritas elite di lingkungan pemerintahan ini yang tidak bisa menutupi skandal yang telah dilakukan, saya kira pernyataan itu perlu dibuktikan," kata Ace.

Golkar yakin pemerintahan Jokowi-Ma'ruf akan menorehkan kesan positif di mata rakyat. Hal itu, kata Ace, tercermin dari berbagai hasil positif yang dirilis lembaga survei kredibel.

"Kami justru menilai sebaliknya. Pemerintahan Jokowi-Kiai Ma'ruf akan menorehkan penilaian positif di mata rakyat. Berbagai penilaian positif itu terpotret dari berbagai lembaga survei dari lembaga kredibel," kata Ace.

Ace mengatakan Indonesia di mata dunia menjadi salah satu negara yang mampu mengendalikan penularan COVID-19. Tak hanya itu, kata Ace, pemulihan ekonomi di Indonesia juga berangsur cepat.

"Sekalipun saat ini masih dalam suasana pandemi COVID-19, namun Indonesia dinilai dunia sebagai salah satu negara yang dapat mengendalikan penularan COVID-19 yang paling baik," tuturnya.

"Selain itu, dari segi pemulihan ekonominya juga berlangsung dengan cepat. Pertumbuhan ekonomi kita berada dalam kecenderungan yang selalu positif," imbuhnya.

Sebelumnya, Faisal Basri memberikan kritik pedas kepada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kali ini dia melontarkan pendapat bahwa pemerintah Jokowi akan ambruk secara moral sebelum 2024.

Hal itu menurutnya bisa terjadi lantaran adanya konflik kepentingan di dalam tubuh pemerintah. Dia menyebut saat ini situasinya sudah berada di momen yang kritis. Dia menduga tiap elemen di pemerintah tidak akan langgeng bila merasa tidak mendapatkan 'kue' yang sama besar.

"Saya sih melihat sekarang sudah pada situasi critical moment, di mana para oligarki ini kan sebetulnya mirip dengan koalisi jahat ya. Nah kalau koalisi jahat itu tidak langgeng, mereka akan saling buka-bukaan karena pembagiannya tidak merata. Teman-teman KPK tahulah ya yang biasanya nggak dapat melapor," katanya dalam webinar, kemarin Sabtu (29/1).

"Jadi mereka sekarang pada fase buka-bukaan, pada fase saling membuka borok dan sebagainya dan sebagainya itu," sambungnya.

Dia pun memperkirakan bahwa pemerintahan akan ambruk sebelum 2024. Diketahui bahwa 2024 adalah akhir masa jabatan Presiden Jokowi.

"Saya prediksi sih nggak sampai 2024 secara moral pemerintahan ini sudah ambruk karena mayoritas elitnya sudah tidak bisa ditutup-tutupi lagi, melakukan skandal dan skandalnya makin besar," jelas dia.

Lanjut Faisal, pada akhirnya masyarakat akan mengetahui skandal yang ada di pemerintahan. Dia mendorong agar masyarakat cepat menyadarinya.

"Akhirnya rakyat tahu semua dan kita harus mempercepat proses rakyat tahu semua itu agar perlawanan rakyat betul-betul terwujud," tambahnya.

Simak Video 'Faisal Basri Kritik Pembangunan IKN di Tengah Pandemi-Utang Menggelembung':

[Gambas:Video 20detik]



(whn/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT