ADVERTISEMENT

Video 20Detik

Hitung-hitungan Ongkos dan Tahapan Boyongan ke IKN Nusantara

20Detik - detikNews
Minggu, 30 Jan 2022 07:26 WIB
Jakarta -

Rancangan Undang-Undang IKN telah disahkan oleh DPR RI menjadi Undang-Undang (UU). Sekarang sepertinya sudah tinggal hitung-hitungan saja untuk pindah ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan.

Berapa lama tahapan pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur? Jokowi menyebut butuh dana Rp 466 triliun untuk boyongan. Dari mana sumber dananya?

Presiden Jokowi pun sudah memilih nama ibu kota baru. Nusantara namanya.Pemimpinnya disebut 'Kepala Otorita IKN'.

Soal calon pemimpin itu, Jokowi memberi bocoran kriterianya. Pertama, pernah memimpin daerah. Kedua, berlatar belakang arsitek.

Lantas, butuh berapa lama untuk pindah ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur? Kalau menurut Buku Saku Pemindahan IKN yang dibuat Bappenas, pemindahan ibu kota dibagi dalam beberapa periode.

Periode 2020-2024, yakni pembangunan infrastruktur utama, seperti Istana Kepresidenan, Gedung MPR/DPR, perumahan di area utama IKN.
Dilanjutkan pembangunan infrastruktur dasar untuk menunjang 500 ribu penduduk tahap awal. Presiden RI akan resmi pindah ke IKN sebelum 16 Agustus 2024.

Untuk periode 2025-2035 yang dibangun adalah pusat inovasi dan ekonomi, menyelesaikan pemindahan pusat pemerintahan IKN, dan dan mengembangkan sektor-sektor ekonomi prioritas.

Kemudian untuk periode 2035-2045 merupakan tahapan membangun seluruh infrastruktur dan ekosistem tiga kota untuk percepatan pembangunan Kaltim.

Ongkos pindahan ibu kota negara juga tak murah. Menurut Jokowi, megaproyek IKN ini butuh dana sebesar Rp 466 triliun.

(aro/aro)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT