Bila Kita Jadi Sasaran Modus 'Tabrak Lari', Apa yang Harus Kita Lakukan?

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 29 Jan 2022 14:09 WIB
Pelaku modus pura-pura jadi korban tabrak lari di Pasar Rebo, Jakarta Timur (Tangkapan Layar)
Pelaku modus pura-pura jadi korban tabrak lari di Pasar Rebo, Jakarta Timur (Tangkapan layar)
Jakarta -

Peristiwa percobaan penipuan bermodus tabrak lari di Pasar Rebo, Jakarta Timur, viral. Kejadian jalanan itu menyedot perhatian warga. Apa yang harus kita lakukan bila menjadi sasaran modus tabrak lari seperti di video viral itu?

Setidaknya, ada dua pilihan spontan yang bisa dilakukan korban: berhenti atau jalan terus (melaju dengan kendaraan). Bila berhenti, tentu saja kita harus berurusan dengan si penipu. Bila jalan terus, risikonya kita bisa diuber-uber massa. Masih hangat dalam ingatan, tewasnya Kakek Halim (Wiyanto Halim) yang tewas dihakimi massa gara-gara diteriaki maling di Cakung, Jakarta Timur.

Pakar kriminologi Universitas Indonesia (UI) Profesor Adrianus Eliasta Sembiring Meliala menyatakan jalanan adalah tempat yang kerap tak selalu aman. Orang yang lengah bisa mudah menjadi korban.

"Mengingat jalan raya adalah arena yang buas, di mana orang yang lugu atau mengalah bisa-bisa jadi korban, walau sebenarnya tak salah," kata Adrianus kepada detikcom, Sabtu (29/1/2022).

Dengan begitu, Adrianus menyarankan masyarakat bisa menggertak penipu jalanan semacam yang viral dari Jakarta Timur itu. "Maka sikap untuk menggertak balik dirasakan perlu," katanya.

Sebelumnya, modus tabrak lari terjadi di Pasar Rebo, Jakarta Timur, sempat membuat heboh warga. Ternyata korban merekam detik-detik pelaku itu melancarkan aksinya.

Video tersebut akhirnya cukup bertebaran di media sosial. Kini pelaku sedang dalam pencarian pihak polisi.

Beberapa hari yang lalu lagi, kasus pengeroyokan Kakek Wiyanto Halim juga menjadi viral di media sosial. Kakek Halim menjadi korban pengeroyokan lantaran dituduh dan diteriaki maling.

Alhasil, kini enam tersangka ditangkap polisi. Polisi juga masih mengejar pelaku lainnya.

Mobil patroli beriringan dengan sejumlah motor mengejar kakek yang diteriaki maling di JaktimMobil patroli beriringan dengan sejumlah motor mengejar kakek yang diteriaki maling di Jaktim. (Tangkapan layar video)

Lihat Video: Viral Modus Pura-pura Jadi Korban Tabrak Lari di Jaktim

[Gambas:Video 20detik]



(azh/dnu)