Polisi Kembali Tangkap 1 Pelaku Kasus Tewasnya Kakek Halim di Jaktim

ygs - detikNews
Sabtu, 29 Jan 2022 13:18 WIB
Ilustrasi penganiayaan (dok detikcom)
Ilustrasi pengeroyokan (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Kasus pengeroyokan yang menewaskan Kakek Wiyanto Halim (89) gegara diteriaki maling di Cakung, Jakarta Timur, terus diusut polisi. Satu orang pelaku lagi kini ditangkap.

"Satu tersangka baru dalam kasus lansia yang tewas dikeroyok di Jaktim berhasil kita amankan," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan saat dihubungi, Sabtu (29/1/2022).

Tersangka baru ini merupakan laki-laki berinisial F (19). Zulpan menyebut pelaku berperan dalam perusakan mobil korban.

"Tersangka F ikut melakukan perusakan terhadap mobil korban," katanya.

Penangkapan pelaku F menambah daftar pelaku yang ditangkap polisi dalam kasus tewasnya Kakek Halim. Total ada enam orang pelaku yang saat ini telah diamankan polisi.

Lima tersangka lainnya yang telah ditangkap semuanya berjenis kelamin laki-laki, yakni TJ (21), JI (23), RYN (23), MA (18), dan MJ (18). Saat ini mereka telah ditahan di Polres Metro Jakarta Timur.

Peran Para Tersangka

Selain tersangka F, berikut peran-peran para tersangka:

1. Laki-laki inisial TJ (21), berperan menendang mobil, menendang korban dengan kaki kanan ke arah pinggang dan menendang ke arah perut.
2. Laki-laki inisial JI (23), perannya menendang dengan kaki kanan ke bagian atas tubuh korban dan kendaraan.
3. Laki-laki inisial RYN (23), perannya menendang mobil dengan kaki kanan, menarik paksa tangan kanan korban sehingga korban keluar dari mobil. RYN juga memukul dengan tangan kosong ke kepala korban dan terekam video yang dimiliki penyidik.
4. Laki-laki inisial MA (18), berperan menginjak kaca bagian depan hingga pecah.
5. Laki-laki inisial MJ (18), berperan menendang korban dan mobil dan ini disaksikan saksi MR.

Polisi mengatakan proses penyidikan kasus ini masih akan terus berlanjut. Polisi masih akan mengembangkan kasus itu untuk mengejar pelaku lainnya.

"Lima orang sudah kita tetapkan sebagai tersangka. Namun, rekan-rekan, perlu saya sampaikan bahwa penanganan dan penyidikan kasus ini tidak berhenti di sini, tetapi penyidik akan terus mengembangkan lagi terkait dengan pelaku-pelaku yang lain," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam jumpa pers di Polres Metro Jakarta Timur, Selasa (25/1).

Zulpan mengatakan dugaan pelaku lebih dari lima orang berdasarkan rekaman CCTV. Rekaman yang dimiliki penyidik, sebut Zulpan, berisi kejadian pengeroyokan terhadap Kakek Wiyanto tersebut.

"Karena berdasarkan rekaman CCTV yang kita miliki, pada saat terjadi pengeroyokan terhadap korban ini, dimungkinkan dilakukan oleh lebih dari lima orang," ucapnya.

(ygs/idh)