Pro-Kontra JakPro Terbang ke Saudi demi Formula E Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 22:02 WIB
Mobil balap Formula E Gen2 EVO
Ilustrasi Formula E
Jakarta -

Studi banding Jakarta Propertindo (JakPro) bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) melaksanakan studi banding ke Diriyah, Arab Saudi, untuk mempelajari Formula E. Keputusan itu menuai pro dan kontra.

Direktur Utama JakPro Widi Amanasto mengatakan panitia hendak mempelajari seluruh perencanaan Formula E. Mereka akan melihat proses dari pre-event hingga hari-H balapan.

"Iya, intinya adalah panitia harus persiapannya gimana, pre-event-nya seperti apa, penanganan marshall seperti apa," jelasnya.

Diriyah dipilih karena menjadi kota pertama di dunia yang menggelar balapan Formula E tahun ini.

Melalui kunjungan itu, Jakpro akan mempelajari pengelolaan sponsor serta mencari referensi harga tiket hingga hari-H balapan.

"Disesuaikan dengan local wisdom seperti apa pre-event-nya, kira-kira begitu. Tapi saya juga tunggu laporan dari tim IMI yang ke sana," tandasnya.

PDIP Mengkritik

PDIP lempar kritik untuk studi banding JakPro ke Arab Saudi. Mereka menyebut, saat ini tidak layak berpergian ke luar negeri.

"Dalam kondisi pandemi COVID saat ini, berlebihan masih berangkat ke luar negeri hanya untuk membandingkan harga tiket penyelenggaraan Formula E di Arab Saudi," ujar anggota DPRD DKI F-PDIP, Gilbert Simanjuntak, dalam keterangannya, Jumat (28/9/2022).

Gilbert menilai, kalau hanya untuk mempelajari pelaksanaan, tidak harus sampai datang ke Arab Saudi.

"Menghamburkan uang berangkat ke Arab Saudi menjadi pertanyaan, sementara data tersebut dapat diperoleh lewat surat menyurat resmi secara elektronik sebagai sesama penyelenggara balapan," paparnya.

Simak juga Video: Kasus Flu Burung H5N6 di China: 2 Meninggal, 2 Kritis

[Gambas:Video 20detik]