Gratis! Bus Sekolah DKI Kini Bisa Antar Pelajar ke Stasiun MRT

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 18:40 WIB
Sejumlah pelajar menaiki bus sekolah usai mengikuti pembelajaran tatap muka (PTM) di SMK Negeri 15, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (3/9/2021).
Ilustrasi bus sekolah (Rifkianto Nugroho/detik)
Jakarta -

PT MRT Jakarta bersama Unit Pengelolaan Angkutan Sekolah (UPAS) Dinas Perhubungan DKI Jakarta menandatangani kerja sama menyiapkan layanan bus pengumpan bagi pengguna MRT dan bus sekolah DKI Jakarta. Total ada 166 unit bus sekolah siap mengantar pelajar ke Stasiun MRT tanpa dipungut biaya apa pun.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman oleh Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Muhammad Effendi dan Kepala Unit Pengelola Angkutan Sekolah Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Ali Murtadho.

"Kerja sama ini bertujuan untuk menjajaki pengembangan layanan transportasi terintegrasi melalui penyediaan konektivitas transit pengumpan dari armada bus milik Unit Pengelolaan Angkutan Sekolah (UPAS) ke MRT Jakarta," kata Direktur Operasional dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta Muhammad Effendi dalam keterangan tertulis, Jumat (28/1/2022).

Effendi menuturkan kerja sama ini sebagai upaya menyiapkan layanan transportasi yang terintegrasi antarmoda. Bahkan dia tak menutup kemungkinan menjalani kerja sama lainnya dalam bentuk paket wisata di Jakarta.

"Tidak menutup kemungkinan juga akan dibuatkan model paket perjalanan transportasi MRT Jakarta khusus pelajar seperti program Jelajah Jakarta MRT dan bus sekolah," ujarnya.

Effendi menyampaikan kerja sama ini akan menjajaki skema layanan transportasi terintegrasi terhadap infrastruktur dan layanan penunjang lainnya. Rencananya, nota kesepahaman ini akan berlaku selama satu tahun.

"Kolaborasi ini juga sebagai bentuk kerja nyata mengkampanyekan penggunaan transportasi publik yang aman, nyaman, dan efisien sejak dini kepada anak-anak agar menumbuhkan budaya bertransportasi publik," ucapnya.

Nantinya, UPAS Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyediakan 166 unit bus sekolah yang melayani 20 rute regular dan 13 zonasi yang dapat digunakan para pelajar secara gratis pada pukul 05.30-07.00 WIB, 11.00-16.00 WIB, dan 17.00-19.00 WIB. Adapun untuk kerja sama integrasi transportasi ini akan melayani rute:

Rute 11 Ciledug-Stasiun Blok M BCA

1. Menuju Stasiun Blok M BCA:

Ciledug-Stasiun Blok M BCA (Jalan HOS Cokroaminoto Ciledug-Ciledug Raya-berputar balik di SPBU perbatasan Tangerang Selatan-HOS Cokroaminoto Ciledug-Ciledug Raya-Pakubuwono-Bumi-Kyai Maja-Trunojoyo-Sultan Hasanuddin-Terminal Bus Blok M/Stasiun Blok M BCA.

2. Menuju Ciledug

Terminal Bus Blok M/Stasiun Blok M BCA-Jalan Sultan Iskandarsyah-Jalan Tirtayasa-Jalan Gunawarman-Jalan Senopati dan Jalan Pattimura-Jalan Kyai Maja-Jalan HOS Cokroaminoto Ciledug-Jalan Ciledug Raya-putar balik di SPBU perbatasan Tangerang Selatan

Rute 14 Pondok Labu-Stasiun Cipete Raya

1. Menuju Stasiun Cipete Raya
Pondok Labu-Pinang 1-Marga Satwa (Pangkalan Jati)-Pangkalan Jati-Jalan Fatmawati Raya

2. Menuju Pondok Labu

Stasiun Cipete Raya-Jalan Fatmawati-Pangkalan Jati-Marga Satwa (Pangkalan Jati)-Pinang 1-Pondok Labu.

Stasiun MRT yang dilewati: Stasiun Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, dan Blok M BCA.

Lihat juga video 'Keren! Ini Wujud Bus Sekolah Baru buat Pelajar di Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(taa/zap)