ADVERTISEMENT

Pemprov DKI Bakal Operasikan Angkot Canggih Full AC Awal 2022

Anggi Muliawati - detikNews
Selasa, 28 Des 2021 16:00 WIB
Angkot Ber-AC
Angkot ber-AC (Foto: dok. Dishub DKI Jakarta)
Jakarta -

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan Mikrotrans ber-AC akan segera dioperasikan. Angkot yang juga memiliki CCTV itu akan dioperasikan mulai awal 2022.

"Mikrotrans yang ber-AC memang sesuai target itu di Januari nanti akan dioperasionalkan," ujar Kepala Dishub Syafrin Liputo di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (28/12/2021).

Syafrin mengatakan saat ini angkot ber-AC tersebut akan beroperasi di tiga stasiun, yakni Stasiun Tebet, Stasiun Tanah Abang, dan Stasiun Gondangdia.

"Saat ini kami identifikasi baru sekitar ada tiga stasiun hasil penataan yang bisa dilakukan integrasi secara utuh," ujarnya.

Syafrin menyebut rencananya akan ada sekitar 60 mobil untuk angkot ber-AC. "Armada kan kalau untuk yang rencana Mikrotrans AC target kami sekitar 60-an," ujarnya.

"Itu sudah ada dua jenis kendaraan yang masuk, yang dari Suzuki dan Daihatsu, ini akan menjadi pedoman untuk pelaksanaan," ujarnya.

Seperti diketahui, Mikrotrans ber-AC merupakan upaya Pemprov DKI dalam memberikan kemudahan akses layanan transportasi publik yang nyaman, aman, dan andal bagi masyarakat DKI Jakarta.

"Mikrotrans ber-AC ini akan memiliki kapasitas 9-11 penumpang serta dilengkapi sabuk pengaman," tulis Dishub DKI Jakarta di akun media sosial.

Jarak setiap kursi kurang-lebih 400 mm. Selain itu, dilengkapi empat kamera CCTV, juga memiliki pintu penumpang otomatis yang berguna memudahkan penumpang untuk naik dan turun kendaraan.

(isa/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT