Polisi Tetapkan 4 Tersangka Penebang Kayu di Kawasan Hutan Toba

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 15:44 WIB
Penebangan Kayu (Dok Humas Polres Toba)
Penebangan Kayu (Dok. Humas Polres Toba)
Toba -

Aksi diduga penebangan kayu di kawasan hutan Desa Motung, Kecamatan Ajibata, Toba, membuat heboh. Polisi pun menangkap empat pelaku.

Kasi Humas Polres Toba Iptu B Samosir membenarkan peristiwa tersebut. Dia mengatakan pihaknya telah mendapatkan laporannya.

"Benar kejadiannya dan sekarang telah dilaporkan ke Polres Toba oleh seseorang berinisial JS (50) pada Selasa (25/1)," kata Samosir saat dimintai keterangan, Jumat (28/1/2022).

Samosir menjelaskan, awalnya pelapor bersama rekan kerjanya, tim dari Dinas Kehutanan Balige pada Selasa lalu melaksanakan patroli perlindungan dan pengamanan hutan di daerah Motung, Ajibata. Mereka melihat ada kayu yang ditebang dan juga alat berat ekskavator dan alat tarik kayu.

Setelah itu, peristiwa tersebut dilaporkan ke Polres Toba. Saat ini, kasus tersebut telah masuk tahap proses penyidikan dan telah menetapkan tersangkanya.

"Sudah menetapkan 4 orang sebagai tersangka dan para tersangka sudah ditahan di Rutan Polres Toba," tambah Samosir.

Samosir menyebut barang bukti seperti 1 unit alat berat ekskavator, 1 unit loren, dan 10 batang kayu jenis pinus telah disita. Dalam kasus ini, kata Samosir, tidak tertutup kemungkinan ada tersangka lain.

"Tidak menutup kemungkinan ada tersangka lain dalam perkara ini namun penyidik masih terus melakukan pengembangan," tambah Samosir.

Kasus tindak pidana penebangan kayu hutan di kawasan hutan melanggar pasal 82 ayat (1) huruf b dan Undang-Undang RI No 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusak Hutan.

(dhm/dwia)