Polisi: Pencuri 8 Tabung Oksigen di RS Depok Relawan Ambulans

Dwi Rahmawati - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 14:21 WIB
Polri menerima bantuan 300 tabung oksigen dari SKK Migas dan Kadin Indonesia. Bantuan ini untuk membantu pemerintah menangani pasien COVID-19.
Ilustrasi tabung oksigen (Agung Pambudhy/detikcom)
Depok -

Seorang pria berinisial CAN (23) harus berurusan dengan polisi setelah tertangkap mencuri delapan tabung oksigen di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok, Jawa Barat. Usut punya usut, CAN ternyata relawan sopir ambulans di rumah sakit yang memiliki akses ke dalam dengan mudah.

"Dia memang relawan driver ambulans, sopir ambulans. Mungkin punya akses dia," kata Kanit Reskrim Polsek Bojongsari Ipda Bowo saat dihubungi, Jumat (28/1/2022).

CAN kini sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Pencurian diketahui terjadi pada Selasa (25/1).

Saat itu petugas medis melaporkan kehilangan tabung oksigen berukuran kecil. Setelah dicek melalui CCTV, terlihat CAN membawa tabung kecil ke luar gudang penyimpanan oksigen RSUD.

"Ketika pintu tidak dikunci, dia keluarin. Dikeluarin pakai troli karena berat, nggak sekaligus," tuturnya.

Polisi menduga tabung berukuran besar sudah dicuri sebelum 25 Januari. Pelaku mengumpulkan tabung terlebih dahulu di dekat pengisian oksigen, pinggir jalan dekat RSUD.

"Dikumpulkan (dahulu), rencana akan dibawa pakai mobil," kata Bowo.

Sebelumnya, pelaku pencurian tabung ditangkap di Kebon Duren RT 06 RW 02, Kalimulya, Cilodong, Depok, pada Kamis (27/1). Laki-laki berinisial CAN mengambil delapan tabung.

"Delapan tabung, 2 tabung ukuran 1 kubik, 6 tabung (ukuran) 6 kubik," paparnya.

Berdasarkan keterangan pelaku, tabung oksigen itu bakal dijual. Tabung berukuran kecil akan dijual Rp 300 ribu, sedangkan yang besar Rp 700 ribu.

Hingga kini, polisi Bojongsari masih mendalami keterangan pelaku.

(mea/mea)