Diduga Mau Tawuran, Gerombolan Pelajar Bawa Sajam Dibubarkan Warga Jakbar

Karin Nur Secha - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 19:26 WIB
perkelahian antar anak sma
Ilustrasi tawuran (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Sekelompok remaja berseragam tertangkap kamera tengah berlarian menyusuri permukiman warga di wilayah Tambora, Jakarta Barat. Mereka terlihat menenteng senjata tajam.

"Aksi itu antara anak Perti itu di Tomang, Betrix itu anak-anak di Jelambar, Grogol Petamburan," ujar Kapolsek Tambora Kompol M Faruk kepada wartawan, Kamis (27/1/2022).

Faruk menyebut pelajar tersebut hendak terlibat tawuran di sekitar Rusun Angke. Namun, aksi tawuran tersebut berhasil digagalkan warga sekitar.

"Tapi nggak jadi karena sudah dihalau oleh petugas dan warga. Dan lokasi itu sudah dijaga petugas. Jadi sekarang lokasi itu jadi lokasi pantauan patroli kami juga," ungkap Faruk.

Diketahui peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (26/1) kemarin siang. Faruk mengatakan aksi tersebut terjadi antara geng pelajar dari SMK Perti di Tomang dan SMK Bhayangkara Trikora di Grogol Petamburan.

Selain itu, Faruk mengatakan banyak pelajar yang sering berkumpul di dekat kawasan Rusun Angke. Apalagi, saat PTM kembali diterapkan, banyak pelajar yang kumpul di sekitar lokasi usai pulang sekolah tapi belum pernah sampai terjadi tawuran.

"Begitu dibuka PTM, beberapa anak-anak sering ngumpul-ngumpul di sekitar situ (rusun). Belum pernah kejadian (tawuran) karena sudah dibubarin. Tapi kita antisipasi bagi anak-anak yang melintas atau mengendarai motor itu kita bubarin. Kita imbau untuk kembali ke rumah dan tidak ngumpul-ngumpul," jelasnya.

"Mereka mungkin cuma main aja, barangkali ada temennya yang tinggal di rusun. Tapi kami bubarkan, kami imbau pulang ke rumah masing-masing. Kalau ngumpul-ngumpul kan terindikasi terjadi hal yang tidak kita inginkan. Situasi kondusif ya saat ini," sambungnya.

(ain/mea)