Pemeriksaan Selesai, Ayu Thalia Tak Ditahan di Kasus Fitnah Anak Ahok

Wildan Noviansah - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 17:25 WIB
Jakarta -

Pemeriksaan Ayu Thalia sebagai tersangka kasus dugaan pencemaran nama baik Nicholas Sean Purnama, putra Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), telah selesai. Ayu Thalia tak ditahan usai pemeriksaan tersebut.

"Sudah kembali (pulang). Yang bersangkutan tidak dilakukan penahanan, karena ancaman hukumannya dibawa dari pada 5 tahun," Kasi Humas polres Metro Jakarta Utara AKBP Hesti Mardiyanto saat ditemui di Polres Metro Jakarta Utara, Kamis (27/1/2022).

Menurut penuturan Hesti, sebelumnya proses pemeriksaan Ayu Thalia berlangsung kurang-lebih 5 jam. Namun, dia enggan membeberkan proses penyidikan karena menilai hal tersebut termasuk ranah penyidik.

"Pemeriksaan tadi datang jam 10 selesainya jam 3 sore. Mohon maaf itu ranahnya penyidik," kata dia.

Belum tahu hingga kapan proses penyidikan akan berlangsung. Namun, kata Hesti, setelah proses selesai, berkas akan langsung diserahkan ke jaksa penuntut umum.

"Nanti saya konfirmasi kembali masalah proses, berapa lamanya. Pokoknya begitu selesai Pemberkasan langsung dikirim ke jaksa penuntut umum," ujarnya.

Sebagai informasi, hingga saat ini, sebanyak 14 orang saksi sudah diperiksa dan dimintai keterangan terkait laporan dugaan kasus tersebut

"Kalau keterangan saksi sudah ada 14 orang saksi yang diperiksa. Pokoknya ada 14 orang yang mengetahui, melihat, mendengar. Semuanya sudah kita mintai keterangan," tuturnya.

Seperti diketahui, Ayu Thalia ditetapkan sebagai tersangka di kasus pencemaran nama baik terhadap Nicholas Sean. Nicholas melaporkan Ayu Thalia setelah dipolisikan ke Polsek Penjaringan atas tuduhan dugaan penganiayaan.

Namun polisi kemudian menghentikan penyidikan laporan Ayu Thalia itu. Polisi menilai laporan Ayu Thalia tidak cukup bukti untuk diproses ke tahap penyidikan.

(mea/mea)