Sudah 4,5 Jam Lebih Ayu Thalia Diperiksa, Apa yang Digali Polisi?

Wildan Noviansah, - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 15:47 WIB
Ayu Thalia
Ayu Thalia (Hanif Hawari/detikcom)
Jakarta -

Penyidik Polres Metro Jakarta Utara memeriksa Ayu Thalia alias Thata Anma di kasus dugaan pencemaran nama baik yang dilaporkan Nicholas Sean Purnama, putra Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Ayu Thalia diperiksa sebagai tersangka.

Ini adalah pemeriksaan perdana Ayu Thalia sebagai tersangka setelah absen karena sakit. Lalu apa yang akan digali polisi dari Ayu Thalia dalam pemeriksaan ini?

"Nggak bisa (diungkapkan), itu ranah penyidik," ujar Kasi Humas polres Metro Jakarta Utara AKBP Hesti Mardiyanto saat dihubungi wartawan, Kamis (27/1/2022).

Ayu Thalia mulai menjalani pemeriksaan sejak pukul 11.00 WIB tadi. Hingga pukul 15.35 WIB, Ayu Thalia belum juga keluar dari ruang pemeriksaan.

Wanita yang akrab disapa Thata Anma itu sedianya diperiksa minggu lalu. Namun pemeriksaan diundur hari ini karena Ayu Thalia sakit.

Sementara itu, saat ditanya ucapan atau perbuatan apa yang membuat Ayu Thalia menjadi tersangka, Hesti enggan membeberkannya. Tapi, menurutnya, penetapan Ayu Thalia sebagai tersangka sudah memenuhi cukup unsur.

"Ya intinya kita sudah melakukan gelar, intinya sudah ada juga keterangan saksi dan alat bukti," kata Hesti.

Kendati demikian, pihaknya enggan membeberkan dua alat bukti tersebut. Hesti mengatakan hal itu masuk ke dalam materi penyidikan.

Hingga saat ini, sebanyak 14 orang saksi sudah diperiksa dan dimintai keterangan terkait laporan dugaan kasus tersebut

"Kalau keterangan saksi sudah ada 14 orang saksi yang diperiksa. Pokoknya ada 14 orang yang mengetahui, melihat, mendengar. Semuanya sudah kita mintai keterangan," tuturnya.

Seperti diketahui, Ayu Thalia ditetapkan sebagai tersangka di kasus pencemaran nama baik terhadap Nicholas Sean. Nicholas melaporkan Ayu Thalia setelah dipolisikan ke Polsek Penjaringan atas tuduhan dugaan penganiayaan.

Namun polisi kemudian menghentikan penyidikan laporan Ayu Thalia itu. Polisi menilai laporan Ayu Thalia tidak cukup bukti untuk diproses ke tahap penyidikan.

(mei/isa)