Menkes: Kalau Level PPKM Naik, Otomatis yang Ikut PTM Turun

Haris Fadhil - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 17:19 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi (Vidya Pinandhita/detikHealth)
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bicara soal nasib pembelajaran tatap muka (PTM) di tengah lonjakan kasus Corona di Indonesia. Dia mengatakan PTM dilakukan sesuai dengan level PPKM masing-masing daerah.

"Misalnya kalau level PPKM-nya itu naik, otomatis jumlah yang ikut PTM itu turun jadi 50%, seingat saya. Kalau level PPKM naik lagi harus 100% from home," ucap Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis (27/1/2022).

Dia mengatakan kebijakan PTM berubah tergantung level PPKM tiap daerah. Budi mengatakan pelaksanaan PTM 100% berada di bawah komando Kemendikbudristek.

"Kebijakan ini berubah tergantung levelnya. Begitu levelnya itu memburuk, otomatis dia turun ke 50%, memburuk lagi, dia 0%," tuturnya.

Sebagai informasi, kasus Corona di Indonesia mengalami lonjakan dalam beberapa hari terakhir. Terbaru, Satgas COVID-19 mencatat ada 8.077 kasus positif Corona baru pada hari ini.

Jumlah kasus aktif Corona juga naik menjadi 35.704. Lonjakan kasus Corona di Indonesia ini terjadi di tengah penyebaran varian Omicron.

(haf/tor)