Tina Toon Dapat Laporan Pengunjung Event Anime di MOI Positif COVID

Tiara Aliya Azzahra, Jabbar Ramdhani - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 15:00 WIB
Satpol PP DKI di event anime yang diadakan di Mall of Indonesia
Satpol PP DKI meninjau event anime di Mall of Indonesia (MOI) yang memicu kerumunan. (Foto: dok. Satpol PP DKI)
Jakarta -

Video acara anime di Mall of Indonesia (MOI) yang memicu kerumunan viral di media sosial (medsos). Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Agustina Hermanto (Tina Toon), mendapat laporan ada pengunjung event yang positif COVID-19.

Tina mengaku awalnya mengetahui kerumunan di acara anime itu dari laporan warganet via medsos. Dia lalu berkoordinasi dengan Pemkot Jakut hingga Kecamatan Kelapa Gading.

"Event dibatalkan, tapi kan sudah telanjur ada kerumunan. Terus nanya ke Dinkes bagaimana tindak lanjutnya, karena sudah pasti kalau ada kerumunan pasti ada potensi penyebaran COVID, apalagi sekarang kasusnya lagi naik," ujar Tina kepada wartawan, Kamis (27/1/2022).

"Sudah gitu, ada lagi yang update positif di event tersebut," tambahnya.

Tina menyoroti kasus ini karena MOI yang berada di Kelapa Gading merupakan daerah pemilihan (dapil) dia.

Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) hingga kecamatan. Namun dia belum mendapatkan penjelasan yang konkret terkait penanganan kasus tersebut.

Menurutnya, pengunjung yang hadir semestinya bisa dilacak karena sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat masuk MOI.

"Buat apa ada PeduliLindungi untuk tracing, terus orang sudah scan, tapi tidak ditindaklanjuti," kata dia.

Dia menilai kasus kerumunan event anime tersebut sebagai satu kejadian yang buruk. Tina mengaku sudah melaporkan kasus ini juga ke Komisi E DPRD DKI Jakarta.

Dia berharap kasus semacam ini tak terulang. Dia juga meminta optimalisasi penggunaan aplikasi PeduliLindungi untuk pelacakan (tracing) kasus COVID-19.

"Jadi intinya, ini menjadi suatu kejadian yang buruk. Dalam arti ada satu situasi tapi tidak ditindaklanjuti serius dan segera. Jadi menyebar saja gitu," ujarnya.

Simak tanggapan Dinkes di halaman berikutnya.

Saksikan juga 'Rapur Interpelasi Anies, Tina Toon: Formula E Nggak Bikin Kenyang!':

[Gambas:Video 20detik]