Viral Kerumunan Event Anime, Satpol PP Tegur Manajemen Mall of Indonesia

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 21:18 WIB
Satpol PP DKI di event anime yang diadakan di Mall of Indonesia
Foto: Dok. Satpol PP DKI
Jakarta -

Sebuah video yang memperlihatkan kerumunan saat event anime di Mall Of Indonesia (MOI), Jakarta Utara pada Sabtu (22/1) viral di media sosial. Satpol PP pun turun langsung ke lapangan dan menindaktegas manajemen MOI.

Video viral itu diunggah ulang oleh Anggota DPRD DKI Jakarta Agustina Hermanto atau yang akrab disapa Tina Toon melalui instagramnya. Dalam video itu, terlihat banyaknya pengunjung menyambangi event tersebut.

"Menindaklanjuti laporan warga soal keramaian di mal, sudah koordinasi dengan Satgas dan kecamatan," demikian keterangan dalam video yang dilihat di instagram @tinatoon101 seperti dilihat, Minggu (23/1/1022).

Tina Toon meminta supaya Satgas COVID-19 setempat segera menindaklanjuti laporan warga. Kemudian, Politikus PDIP itu juga mendesak supaya sanksi ditegakkan.

"Pertama langkah antisipasi dulu agar tidak terjadi lagi besok terutama seluruh perangkat polsek, Satgas, Dishub dll turun untuk jaga dan untuk sanksi pelanggaran PPKM yang ini berikutnya diperiksa dan diselidiki oleh Satpol PP yang berwenang nanti dicek kapasitasnya dan lainnya," ujar Tina Toon.

Satpol PP DKI Tegur Manajemen MOI

Kasatpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan, pihaknya langsung merespon laporan tersebut dengan menyambangi lokasi event ANIMETOKU yang menampilkan Cosplay Anime. Satpol PP melakukan Satpol PP juga memberikan sanksi berupa teguran tertulis kepada manajemen MOI selaku penanggung jawab acara.

"Satpol PP juga memberikan teguran tertulis kepada penanggung jawab acara, yakni manajemen MOI atas kelalaian dalam pelaksanaan acara yang sudah berlangsung sejak Sabtu (22/1)," ujar Arifin dalam keterangan tertulisnya, Minggu (23/1/2021).

"Atas segala bentuk pelanggaran yang dilakukan baik pelaku usaha atau pihak mana pun, kami tidak segan untuk menindak sesuai kebijakan yang berlaku. Semoga kejadian seperti ini tidak terulang, dan masyarakat tetap patuh terhadap protokol kesehatan, mengingat angka kasus di Jakarta juga sedang naik," lanjutnya.

Arifin juga meminta agar pelaku usaha diharapkan terus melakukan pembatasan jumlah pengunjung dengan ketat dan mengawasi pelaksanaan protokol kesehatan di area usahanya. Di samping itu, petugas Satpol PP bersama Satgas COVID-19 kecamatan disiagakan di lokasi.

"Petugas memberikan imbauan langsung di lokasi acara agar pengunjung tetap mematuhi protokol kesehatan. Kemudian juga dilakukan pengaturan jalur pengunjung khusus di area stand event cosplay anime dibuat satu arah," jelasnya.

Satpol PP DKI di event anime yang diadakan di Mall of IndonesiaSatpol PP DKI di event anime yang diadakan di Mall of Indonesia Foto: Dok. Satpol PP DKI

Manajemen MOI Batalkan Acara On-Stage dan Anime Competition

Manajemen MOI memutuskan untuk membatalkan acara on-stage dan anime competition serta melarang pengunjung yang hadir menggunakan cosplay selama berada di area pameran dan mal.

"Seluruh kegiatan ANIMETOKU pada hari Minggu, 23 Januari 2022 hanya menghadirkan kegiatan pameran Anime Toys dan Merchandise," demikian keterangan yang tertera dalam instagram @mallofindonesia.

Kemudian, manajemen juga mewajibkan agar pengunjung berpenampilan biasa serta menerapkan protokol kesehatan ketat.

"Seluruh pengunjung Mall of Indonesia diwajibkan berpenampilan biasa tanpa menggunakan atribut cosplay pihak manajemen Mall of Indonesia melarang untuk pengunjung yang hadir menggunakan kostum cosplay selama berada di area pameran dan mall," imbuhnya.

"Pengunjung diwajibkan juga untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan check in melalui aplikasi pedulilindungi serta akan melakukan pembatasan jumlah pengunjung dengan ketat," tambahnya.

(taa/imk)