Korpaskhas TNI AU Ganti Nama Jadi Kopasgat, Ini Alasan dan Kronologinya

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 10:46 WIB
Korphaskas TNI AU berubah nama menjadi Kopasgat di bawah kepemimpinan Panglima Jenderal Andika Perkasa. Perubahan tersebut tentunya punya makna dan tujuan tersendiri.
Korpaskhas TNI AU Ganti Nama Jadi Kopasgat, Ini Alasan dan Kronologinya (Foto: Wilda Nufus/detikcom)
Jakarta -

Korphaskas TNI AU berubah nama menjadi Kopasgat di bawah kepemimpinan Panglima Jenderal Andika Perkasa. Perubahan tersebut tentunya punya makna dan tujuan tersendiri.

Kini, nama pasukan elite TNI AU Korps Pasukan Khas (Paskhas) resmi menjadi Korps Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). Simak informasi selengkapnya terkait perubahan nama tersebut.

Korphaskas TNI AU Jadi Kopasgat, Ini Sejumlah Rotasi Jabatan TNI

Korphaskas TNI AU sudah berubah nama menjadi Kopasgat. Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang terbit pada Jumat (21/1/2022).

Pada SK Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa itu, terdapat sejumlah rotasi jabatan di organisasi tugas TNI. Berikut rinciannya:

  • Daftar nama dan jabatan 328 perwira tinggi TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan AU yang terkena rotasi jabatan.
  • Di urutan ke-260, Marsda Eris Widodo Yuliastono dirotasi dari jabatan awal Dankorphaskas menjadi Dankopasgat.
  • Kemudian, pada urutan ke-261, Marsma Taspin Hasan, dirotasi dari Wadankorphaskas menjadi Wadan Kopasgat.
  • Lalu, Marsma Deny Muis dimutasi dari jabatan Staf Khusus KSAU menjadi Inspektur Kopasgat.

Korphaskas TNI AU Jadi Kopasgat: Rencana Sejak Tahun 2018

Korphaskas TNI AU yang berubah nama menjadi Kopasgat telah direncanakan sejak tahun 2018. Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Indan Gilang Buldansyah menjelaskan, saat itu dilaksanakan rapat validasi organisasi TNI AU yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

"Pada 9 Februari 2018, dilaksanakan rapat validasi organisasi TNI AU oleh Dewan Pembentukan Organisasi TNI AU (Deporau) yang dipimpin oleh Kasau dengan agenda membahas organisasi Koopsau 3 dan Koopsudnas. Rekomendasi rapat menyetujui pembentukan Koopsau 3, sementara Koopsudnas akan dibahas pada rapat berikutnya," kata Indan dalam keterangannya, Rabu (26/1).

Korphaskas TNI AU Jadi Kopasgat: Saran KSAU saat Rapat Koopsudnas

Indan menambahkan, KSAU yang menjabat saat itu (2018) memberikan saran untuk mengubah nama Paskhas. KSAU mengatakan pergantian nama Paskhas menjadi Kopasgat atau Komando Pasukan Gerak Cepat.

"Pada agenda rapat Koopsudnas, dibahas penarikan Kohanudnas ke dalam TNI AU menjadi Kotamops dan Kotamabin TNI AU, dan merubah nomenklatur Kohanudnas menjadi Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas)," jelas Indan.

"Dalam proses rapat tersebut, muncul saran dari Kasau untuk merubah nomenklatur Korpaskhas (Korps Pasukan Khas), menjadi Kopasgat (Komando Pasukan Gerak Cepat)," sambungnya.

Informasi soal Korphaskas TNI AU terkait Peraturan Panglima dapat disimak di halaman berikutnya