Saat Gubsu Ingatkan Penggunaan Bahasa-Ajak Warga Sunda Bangun Sumut

Ahmad Arfah Fansuri Lubis - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 22:48 WIB
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menghadiri pelantikan DPP PWS Sumut (dok. Diskominfo Sumut)
Foto: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menghadiri pelantikan DPP PWS Sumut (dok. Diskominfo Sumut)
Medan -

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengingatkan warga Sunda soal Kota Medan yang merupakan tanah Melayu dari Kesultanan Deli. Untuk itu Edy meminta agar warga Sunda menggunakan bahasa yang tepat selama di Sumut.

"Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Anda berada di tanah Deli, harus tahu kapan saatnya menyebut sampurasun (salam dalam bahasa Sunda)," kata Edy di Medan, Rabu (26/1/2022).

Edy menyampaikan hal itu saat menghadiri Pelantikan Dewan Pengurus Pusat Paguyuban Warga Sunda (DPP PWS Sumut). Edy mengaku cukup mengetahui budaya Sunda karena lama bertugas di daerah Jawa Barat selama masih berstatus anggota TNI.

"Inilah (kekayaan budaya) Indonesia," ujarnya.

Kepada pengurus DPP PWS Sumut yang dilantik, Edy mengingatkan soal loyalitas dalam berorganisasi. Edy juga mengingatkan agar seluruh pengurus menjaga nama baik paguyuban.

Edy juga meminta agar seluruh pengurus bekerja sama dengan baik. Edy berjanji membantu paguyuban Sunda ini.

"Ketiga kerja sama, di mana organisasi ini sifatnya sosial. Jadi jangan sampai ada di perantauan ini yang tidak makan. Makanya saya fasilitasi paguyuban ini di Sumut, bukan karena kita hebat, tetapi karena kita diberikan kemudahan oleh Allah," ucapnya.

Edy kemudian meminta paguyuban Sunda ini untuk membantu membangun Sumut. Dia berharap agar Paguyuban Sunda membantu menciptakan Sumut yang bermartabat.

"Teruslah berjuang, dengan keberhasilan orang Sunda, maka semakin cepat menjadi Sumut Bermartabat," jelasnya.

(afb/jbr)