Penghuni Kerangkeng di Rumah Bupati Langkat Disebut Ada yang Kabur

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 11:32 WIB
Kerangkeng manusia ditemukan di rumah Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin (Screenshot video viral)
Kerangkeng manusia ditemukan di rumah Bupati Langkat Terbit Rencana Perangin Angin (Screenshot video viral)
Medan -

Ketua Komisi A DPRD Sumut Hendro Susanto mengaku mendapatkan kabar adanya penghuni kerangkeng di rumah Bupati Langkat yang kabur saat akan dipindahkan. Hendro mengatakan para penghuni itu pulang ke rumah masing-masing.

"Info terbaru pagi ini bahwa yang jadi masalah sekarang adalah 48 orang yang katanya sempat dikerangkeng udah pada lari, pulang ke rumah masing-masing," kata Hendro kepada wartawan, Rabu (26/1/2022).

Hendro meminta kepolisian mencari penghuni yang kabur itu. Dia meminta kepolisian mencari informasi kegunaan kerangkeng dari seluruh penghuni.

"Kita mendorong pihak polisi supaya mau mencari orang-orang itu. Biar dimintai keterangan, dan mengumpulkan bukti-bukti tempat apa sesungguhnya yang ada di dalam rumah tersebut," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Migrant Care menerima laporan penemuan diduga kerangkeng manusia di rumah Terbit Rencana Perangin Angin. Karena itu, mereka melaporkan temuan itu ke Komnas HAM.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mendesak polisi segera mengusut tuntas hal itu. Edy meminta agar ada penjelasan terkait kegunaan kerangkeng manusia itu.

"Yang pastinya ya itu harus diusut dan dijawab untuk apa," kata Edy di rumah dinas Gubsu Medan, Senin (24/1).

Edy mengatakan, jika kerangkeng itu digunakan untuk menghukum orang, itu adalah sebuah kesalahan. Edy menyebut kerangkeng di penjara saja baru digunakan untuk orang yang sudah terbukti bersalah.

"Kalau itu untuk menghakimi orang, kan nggak boleh itu. Penjara saja sebelum keputusan hakim inkrah nggak boleh menahan orang dalam kerangkeng, itu yang sah, apalagi rumah begini ada kerangkeng," tuturnya.

Simak Video 'Motif Bupati Langkat Bangun 'Kerangkeng Manusia' di Rumahnya':

[Gambas:Video 20detik]



(afb/mud)