DLH Duga Ada 4 Perusahaan Cemari Air Situ Citongtut Bogor

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 17:15 WIB
Situ Citongtut, Gunung Putri, diduga tercemar limbah pabrik. Begini kondisi di lokasi pada Selasa (25/1/2022) (Rizky Adha/detikcom)
Situ Citongtut, Gunung Putri, diduga tercemar limbah pabrik. Begini kondisi di lokasi pada Selasa (25/1/2022). (Rizky Adha/detikcom)
Bogor -

Bupati Bogor Ade Yasin menyoroti pencemaran di Situ Citongtut, Kabupaten Bogor. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor telah memiliki nama-nama perusahaan yang diduga membuang limbah ke Situ Citongtut.

"Kalau yang mengaliri ke Situ Citongtut sekitar sepuluh perusahaan ya. Tapi yang diduga sementara (membuang limbah ke Situ Citongtut) itu sekitar empat perusahaan," kata Kasi Penegakan Hukum DLH Kabupaten Bogor Dyan Heru Cahyono kepada wartawan, Rabu (26/1/2022).

Heru mengatakan DLH telah meninjau Situ Citongtut untuk mengambil sampel air. Saat ini dia sedang menunggu hasil uji laboratorium.

"Jadi tanggal 17 (Januari) kita ke sana (Situ Citongtut) mengambil sampel (air). Terus ke lapangan, peninjauan ke Situ Citongtut mendalami informasi adanya pencemaran," lanjutnya.

Bupati Bogor, Ade Yasin, menyoroti Situ Citongtut, Gunung Putri yang diduga tercemar limbah pabrik. Begini kondisi di lokasi. (Rizky Adha/detikcom)Bupati Bogor Ade Yasin menyoroti Situ Citongtut, Gunung Putri, yang diduga tercemar limbah pabrik. Begini kondisi di lokasi. (Rizky Adha/detikcom)

Heru mengungkap kasus serupa juga pernah terjadi pada awal 2021. Dia merasa heran karena dugaan pencemaran terjadi pada awal tahun.

"Di waktu yang sama (awal tahun) anehnya," terangnya.

Bupati Minta Pencemar Situ Citongtut Ditindak

Sebelumnya, Bupati Bogor Ade Yasin menyoroti pencemaran di Situ Citongtut. Dia meminta Ade Yana Mulyana, yang baru dilantik sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH), menindak tegas pencemar lingkungan.

"Tentunya pencemaran lingkungan yang marak juga harus ditindak tegas, bersikap tegas terhadap pencemaran lingkungan. Karena banyak kejadian baru-baru ini seperti ikan mati di salah satu situ di Gunung Putri, kalau tidak salah namanya Situ Citongtut," ujar Ade Yasin dalam sambutannya, Selasa (25/1).

(jbr/jbr)