Disorot Bupati, Begini Kondisi Situ Citongtut Diduga Tercemar Limbah Pabrik

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 18:16 WIB
Bupati Bogor, Ade Yasin, menyoroti Situ Citongtut, Gunung Putri yang diduga tercemar limbah pabrik. Begini kondisi di lokasi. (Rizky Adha/detikcom)
Bupati Bogor Ade Yasin menyoroti Situ Citongtut, Gunung Putri, yang diduga tercemar limbah pabrik. Begini kondisi di lokasi. (Rizky Adha/detikcom)
Bogor -

Bupati Bogor Ade Yasin menyoroti Situ Citongtut, Gunung Putri, yang diduga tercemar limbah pabrik. Dia menilai pencemaran tersebut bisa membahayakan masyarakat.

Pantauan detikcom, Selasa (25/1/2022), pukul 17.15 WIB, tampak sisa-sisa ikan mati berada di sudut Situ Citongtut. Terlihat juga sampah-sampah rumah tangga di permukaan situ.

Salah satu warga sekitar, Andri, mengatakan pabrik di Cicadas memang kerap membuang limbah pabrik yang alirannya sampai ke Situ Citongtut.

"Sering sih," kata Andri saat ditemui di lokasi.

Air di sungai tampak berwarna hijau gelap. Tidak tampak banyak ikan hidup muncul di permukaan air.

Terlihat beberapa warga berada di pinggir situ. Ada yang memancing ikan, ada yang bersenda gurau bersama rekannya.

Andri mengatakan ada cukup banyak ikan yang mati di Situ Citongtut. Hal tersebut diketahui saat salah satu temannya membawa ikan seukuran plastik besar dari sana.

"Banyak juga sih ikan (mati). Nggak cuma 10-20 gitu," lanjutnya.

Bupati Minta Dinas LH Tindak Pencemar

Bupati Bogor meminta Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Kadis LH) Ade Yana Mulyana menindak tegas pencemar lingkungan.

"Tentunya pencemaran lingkungan yang marak juga harus bertindak tegas, bersikap tegas terhadap pencemaran lingkungan. Karena banyak kejadian baru-baru ini seperti ikan mati di salah satu Situ di Gunung Putri, kalau tidak salah namanya Situ Citongtut," ujar Ade Yasin dalam sambutan pelantikan sejumlah Kepala Dinas Kabupaten Bogor, Selasa (25/1).

Ade menilai pencemaran limbah membahayakan masyarakat sekitar Situ Citongtut.

(jbr/jbr)