Elite Demokrat Minta Maaf Lalu Puji KPK soal Laporan Dugaan Korupsi

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 13:35 WIB
Benny K Harman
Benny K Harman (Dok. DPR)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR Benny K Harman meminta maaf atas sikapnya yang sempat pesimistis terhadap KPK. Benny kini justru melihat KPK berhasil mendorong masyarakat memainkan perannya dalam pemberantasan korupsi, yakni berani melapor dugaan korupsi.

Permohonan maaf dan apresiasi itu disampaikan Benny dalam rapat kerja Komisi III DPR dengan KPK yang digelar hari ini di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (26/1/2022). Benny awalnya lebih dulu menyampaikan permohonan maaf.

"Saya harus menyampaikan sebagai pembukaan, permohonan maaf saya atas sikap saya yang semula sangat pesimis terhadap KPK periode saat ini, terutama setelah revisi UU KPK, adanya kisruh TWK (tes wawasan kebangsaan) dan sebagainya," kata Benny dalam rapat.

"Saya dulu menduga inilah titik matinya KPK. Ternyata saya salah menduga. Atas kesalahan itu, saya mohon maaf," imbuh dia.

Baru kemudian Benny memberikan apresiasi terhadap kinerja KPK, khususnya perihal agenda peran masyarakat. Anggota DPR Fraksi Partai Demokrat itu menganggap KPK sukses membangun ideologi antikorupsi di masyarakat.

"Apakah sukses? Saya menilai sukses luar biasa, baik kuantitas maupun kualitas. Kuantitas, banyak laporan ke KPK, banyak. Itu kan akibat sosialisasi yang sebelumnya tidak tahu kasus korupsi, sekarang ke mana-mana tahu, didorong untuk partisipasi," ujar Benny.

Lebih lanjut Benny menuturkan saat ini 'bola' ada di kaki KPK. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat itu mempersilakan KPK menindaklanjuti laporan yang telah diterima.

"Yang kedua timbul juga keberanian, berani melapor kasus korupsi ke KPK, luar biasa. Tinggal KPK menindaklanjuti laporan-laporan, di daerah banyak sekali. Mungkin 1-2 di pusat juga, silakan ditindaklanjuti," terang Benny.

Simak juga 'KPK Dapat Tambahan 61 Jaksa Baru dari Kejagung':

[Gambas:Video 20detik]

(zak/gbr)