Kasus Penganiayaan Kucing di Bogor, Polisi Sudah Periksa Terduga Pelaku

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 12:52 WIB
gambar kucing realistis
Ilustrasi Kucing (Haruki Kudo/Bored Panda)
Jakarta -

Polisi masih menyelidiki kasus viral unggahan di media sosial terkait seekor kucing diduga dianiaya dengan cara disiram air panas di wilayah Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Polisi mengungkap bahwa terduga pelaku sudah diperiksa.

"Kalau dari pihak yang diduga sebagai pelaku sudah diminta keterangan, sifatnya masih berita acara wawancara," kata Kapolsek Cijeruk Kompol Sumijo kepada wartawan, Rabu (26/1/2022).

Sumijo mengatakan, meski terduga pelaku sudah diperiksa, statusnya belum menjadi tersangka. Sebab, kata dia, polisi belum menemukan unsur kesengajaan dalam perbuatan pria berinisial RS itu.

"Belum dinaikkan tersangka, jadi masih wawancara. Kalau dia belum mengarah kepada unsur kesengajaan bahwa akan menyakiti hewan tersebut," ucapnya.

Upaya Restorative Justice

Lebih lanjut, dia menyebut bahwa perbuatan kasus penganiayaan terhadap kucing itu masuk kategori tindak pidana ringan. Oleh sebab itu, pihaknya pernah mengundang pelapor dan terlapor untuk menyelesaikan kasusnya secara kekeluargaan.

"Ini sudah pernah kami undang dua-duanya, cuma harinya yang belum bisa klop gitu. Misalkan kita undang hari Sabtu, pernah kita undang, yang satu datang, yang satu alasan pekerjaan jadi belum bisa gitu. Terus mereka berkomunikasi melalui handphone ingin adakan pertemuan, yang satu minta dititik sini, yang satu pingin titik ke sana. Jadi belum ketemu. Ini masih mau dicoba," ujarnya.