Mencuat RK hingga Ahok Calon Pemimpin Nusantara, Ngabalin: Ada Tim Seleksi

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 08:09 WIB
Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin
Ali Mochtar Ngabalin (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah nama mencuat calon kuat jadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP), Ali Mochtar Ngabalin, menyinggung sejumlah nama terkait calon Kepala Otorita IKN Nusantara.

"Kita tunggu saja (pengumuman). Biasanya bagi Jokowi itu tidak lama, sih. Cuma kan selain daripada ada tim yang nanti menyeleksi beberapa nama, kemudian melihat, seperti kemarin, kan, sebelumnya beliau 2020 sudah menyebutkan empat nama tuh, kalau mungkin ada calon lain-lain, tentu ini menjadi kewenangan Bapak Presiden," kata Ngabalin kepada wartawan, Rabu (26/1/2022).

Menurut Ngabalin, Presiden Jokowi bisa saja lebih cepat mengumumkan Kepala Otorita IKN Nusantara. Jokowi diberi waktu dalam dua bulan untuk menentukan Kepala Otorita IKN Nusantara.

"Bisa saja cepat, bisa saja lebih cepat, karena kan yang sekarang dikonsentrasikan ini kan bagaimana pembangunan ibu kota negara kan, jadi kira-kira tidak lama dengan sangat cepat Presiden akan bekerja itu," ujar Ngabalin.

Presiden Jokowi pada 2020 sempat menyebut kandidat Kepala Otorita IKN Nusantara, yakni eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mantan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro, serta mantan Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA) Tumiyana.

Pada Januari 2021, Jokowi kemudian menyebut bahwa kandidat Kepala Otorita IKN Nusantara berlatar belakang arsitek dan kepala daerah. Lantas, siapa yang bakal dipilih Jokowi memimpin Kepala Otorita IKN Nusantara?

"Selain nama empat itu kan ada lagi beliau menyebutkan insinyur yang memiliki latar belakang sukses mengurus daerah, lain-lain sebagainya," ucap Ngabalin.

"Jadi kalau itu, maka ada Azwar Anas, ada Ridwan Kamil, ada Ahok yang mantan pemimpin daerah. Kalau Pak Bambang (Brodjonegoro) dan Pak Tumiyana itu kan orang profesional ya," imbuhnya.

Simak Video: Ridwan Kamil Kode Siap Pimpin Ibu Kota Nusantara?

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/idn)