Ridwan Kamil Diisukan Bakal Pimpin IKN Nusantara, Ini Kata Ketua NasDem

Wisma Putra - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 19:21 WIB
Tol Cisumdawu baru saja diresmikan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung menjajal jalan tol tersebut.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Foto: Wisma Putra)
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dinilai layak memimpin Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Anggota DPR RI Fraksi NasDem Saan Mustofa mengatakan, keputusan penentuan Kepala Otorita IKN ada di tangan Presiden Joko Widodo.

"Kalau itu karena di undang-undang kepala otorita kewenangan Presiden yang mengangkat dan memberhentikan kita serahkan kepada Presiden, siapa yang layak dan memadai untuk menjadi kepala otorita IKN di Kalimantan Timur, kita serahkan kepada Presiden," kata Saan di Kantor DPD NasDem Kota Bandung, Selasa (25/1/2022).

Disinggung terkait DKI Jakarta akan diapakan, Saan menyebut Jakarta akan diperlakukan secara khusus.

"Jakarta akan dibicarakan lagi kekhususannya, apakah daerah mantan ibu kota jadi tetep diperlakukan khusus, banyak sekali peninggalan, aset, sumbernya, kota yang sudah jadi, penanganan khusus. Khususnya gimana kita akan bicarakan turunnya," ujar Saan.

"Saya enggak bisa berandai-andai," tambahnya.

Untuk ASN, Saan menyebut sebagian akan dipindahkan terutama dibagian kesekretariatan.

"ASN ada sebagian pindah ke IKN, misalnya support utama kaya kesekretariatan negara, perhatian keamanan dan pelayanan publik untuk penyelenggaraan pemerintahan daerah, Kemendagri," sebutnya.

ASN yang bertugas di Istana Negara, akan diprioritaskan. "Support utama terhadap Istana Negara itu dulu akan diprioritaskan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Jokowi sempat menyebut calon pemimpin Ibu Kota Negara harus memiliki pengalaman memimpin daerah dan memiliki latar belakang arsitek.

Lihat juga video 'RK Disebut Khianati Warga Jabar Jika Pilih Jadi Kepala Otorita IKN':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)