Aksi Heroik Pria di Bali Tabrakkan Diri ke Penjambret demi Selamatkan Tas Korban

Sui Suadnyana - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 20:46 WIB
Ilustrasi Begal, Rampok, Jambret. Andhika Akbarayansyah/infografis.
Ilustrasi jambret (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Denpasar -

Seorang pria di Bali melakukan aksi nekat dengan menabrakkan diri ke pelaku jambret. Lelaki yang belum diketahui identitasnya itu menabrakkan diri ke pelaku demi merebut tas milik korban.

Berkat aksi pahlawan yang dilakukan pria tersebut, pelaku jambret akhirnya berhasil diamankan. Belakangan diketahui bahwa pelaku jambret tersebut bernama Ari Furrohman (25).

"Identitas pelaku yakni Ari Furrohman," kata Kapolsek Kuta Kompol Orpa SM Takalapeta dalam keterangan tertulis kepada detikcom, Selasa (25/1/2022).

Adapun yang menjadi korban dari aksi jambret pelaku, yakni seorang mahasiswi asal Kota Jayapura, Papua, bernama Vikka Maiyam Kafomay.

Orpa menuturkan, awalnya Vikka Maiyam Kafomay mengendarai sepeda motor di wilayah Kecamatan Kuta menuju Kelurahan Dalung, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, pada Senin (24/1) sekitar pukul 20.00 Wita. Saat itu mahasiswi tersebut membonceng temannya.

Saat posisi mereka berada di Jalan Sunset Road, ada pengendara sepeda motor yang memepet dari sisi kanan belakang. Tiba-tiba pengendara yang memepet tersebut menarik paksa tas hitam yang ada di pangkuan temannya.

Vikka Maiyam Kafomay kemudian berusaha mengejar pelaku yang kabur ke arah Jalan Sunset Road, Kelurahan Seminyak, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung. Ia menarik gas sepeda motornya sambil berteriak-teriak minta tolong ke pengendara lainnya.

Saat itulah ada seorang laki-laki yang membantu mengejar pelaku dan akhirnya berhasil terkejar. Pria yang membantu mengejar tersebut kemudian menghentikan penjambret itu dengan cara menabrak pelaku di daerah (Jalan) Sunset Road Seminyak.

"Saat di Jalan Sunset Road Seminyak ada seorang laki-laki yang membantu mengejar pelaku dan akhirnya terkejar dan dihentikan dengan cara menabrak pelaku," terang Orpa. Akhirnya, pelaku penjambretan tersebut berhasil diamankan oleh warga di sekitar lokasi.

Orpa menuturkan, pihaknya mengetahui adanya peristiwa penjambretan tersebut ketika tim opsnal melaksanakan atensi di seputaran Kelurahan Seminyak. Saat itu diperoleh informasi dari masyarakat bahwa ada pelaku pencurian yang diamankan di Jalan Sunset Road Kelurahan Seminyak.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.