Sejumlah Ikan di Situ Citongtut Bogor Mati Diduga Tercemar Limbah Pabrik

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 17:55 WIB
Sisa bangkai ikan di Sungai Citongtut (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Sisa bangkai ikan di Sungai Citongtut (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Bogor -

Ikan-ikan di Situ Citongtut, Bogor, Jawa Barat, mati mengambang. Warga di sekitar lokasi menduga hal tersebut lantaran tercemar limbah pabrik.

Pantauan detikcom di lokasi, kali terlihat berwarna kehijauan. Tampak sampah berkumpul di sudut Situ Citongtut.

Masih terdapat sisa-sisa bangkai ikan di sudut Situ Citongtut, berkumpul bersama sampah-sampah. Terlihat banyak ikan yang hidup naik ke permukaan.

Sejumlah warga memancing di kali tersebut. Meski mengetahui Situ Citongtut sempat tercemar, warga tetap memancing untuk mengisi waktu luang.

Bangkai ikan di Setu Citongtut yang airnya menghitam tercemar limbah di Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu  (19/1/2022). Setu Citongtut diduga tercemar limbah industri yang menimbulkan bau tak sedap dan ikan mati. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/rwa.Bangkai ikan di Setu Citongtut yang airnya menghitam tercemar limbah di Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (19/1/2022). Setu Citongtut diduga tercemar limbah industri yang menimbulkan bau tak sedap dan ikan mati. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya)

"Iya ini (ikan banyak yang mati), katanya kena limbah pabrik. Pabrik ada yang buang limbah," kata salah satu warga Desa Cicadas yang enggan disebutkan namanya, Rabu (19/1/2022).

Warga mengatakan fenomena ikan-ikan mati mengambang hanya terjadi apabila pabrik sedang membuang limbah. "Iya kalau pabrik buang limbah baru (ikan banyak yang mati). Kalau nggak, ya biasa," lanjutnya.

Warga menyebut sudah sekitar tiga hari air di Situ Citongtut berwarna kehitaman. Selain itu, Situ Citongtut mengeluarkan bau yang lebih menyengat dari biasanya.

"Tiga harian kira-kira, setelah yang gempa itu. Mulai Minggu kalau nggak salah," beber warga.

(isa/isa)